Mohon tunggu...
Andi Sunardi
Andi Sunardi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Pendidikan

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Optimalisasi Persiapan Kegiatan Go PTN dalam Membantu Pemahaman dan Penyelesaian Soal Matematika Dasar di SMA El Fitra

25 Juli 2021   07:49 Diperbarui: 25 Juli 2021   07:52 104 1 0 Mohon Tunggu...

KKN TEMATIK UPI : Optimalisasi Persiapan Kegiatan  GO PTN Dalam Membatu Pemahaman  dan Penyelesaian Soal Matematika Dasar di SMA EL FITRA

KKN Tematik UPI merupakan sebuah kegiatan untuk mahasiswa dalam melaksanakan pengabdian kepada masyarakat. KKN tematik UPI pada tahun 2021 ini khususnya pada bidang pendidikan menfokuskan pada kegiatan pengabdian untuk membantu guru dalam melaksanakan persiapan pembelajaran daring yang dilaksanakan oleh setiap sekolah. Setiap sekolah memiliki program pendidikan dan rencana kerja khusus dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Mulai dari program pendidikan untuk kelas sepuluh, program pendidikan untuk kelas sebelas, dan program pendidikan untuk kelas duabelas.

Pada kesempatan kali ini, saya Andi Sunardi Mahasiswa UPI Jurusan Pedidikan Matematika dengan dosen pembimbing Bapak Alit Rahmat melaksanakan kegiatan KKN Tematik UPI di Sekolah Menengah Atas El Fitra. Dalam mejalankan kegiatan KKN, sesuai dengan program sekolah maka saya membantu pada program pendidikan untuk kelas dua belas. 

Di SMA El Fitra terdapat program yang dinamakan GO PTN. Program tersebut merupakan program sekolah untuk mempersiapkan siswa-siswi kelas 12 dalam menghadapi persiapan ujian masuk keperguruan tinggi.

Dalam melaksanakan program GO PTN tesebut, ada beberapa program pendidikan yang sedang saya kembangkan dan ikut membantu dalam proses kegiatannya. Program GO PTN tersebut ialah Program belajar Go Flash Back Materi 10 dan 11, TO berkala, dan Program Pretest, Postest dan Home work. Kegiatan Go Flash Back Materi 10 dan 11 merupakan kegiatan mingguan yang dilaksanakan pada hari senin sampai jumat yang dilaksanakan pada pukul 07.30 s.d pukul 16.30 WIB. dengan muatan materi yang berbeda. 

Kegiatan TO berkala dilaksanakan pada akhir pekan pada pukul 08.00 s.d pukul 11.00 WIB. Sedangkan Program Pretest, Postest dan Home dilaksanakan secara fleksibel. Sebelum melaksanakan kegiatan tersebut, maka hal yang hal harus dipersiapkan ialah membaca kembali materi matematika dasar kelas 10 dan kelas 11, mempersiapkan soal-soal untuk dikaji bersama, mencari referensi metode pembelajaran yang efektif dalam melaksanakan pembelajaran matematika dasar di kelas.

Saat melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dasar di kelas 12. Maka metode pembelajaran yang diterapkan ialah metode drill dan Latihan. Menurut Roestiyah (2012), metode drill dan latihan merupakan teknik yang dapat diartikan sebagai suatu cara mengajar dimana siswa melaksanakan kegiatan-kegiatan Latihan agar, siswa memiliki ketangkasan dan keterampilan yang lebih tinggi dari yang telah dipelajari. Sejalan dengan hal tersebut, dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran matematika dasar metode drill dan Latihan adalah salah satu metode yang sering digunakan

 

Dokpri
Dokpri

Kegiatan belajar dilaksanakan dengan menggunakan media sinkronus dan asinkronus. Sinkronus dilaksanaka secara langsung dengan menggunaka media google meet dan zoom meet. 

Pada saat kegiatan belajar berlangsung maka dilaksanakan proses latihan dengan cara menjelaskan terlebih dahulu materi dasar lalu mencoba materi dengan level yang lebih tinggi dan memberikan soal lalu menuggu peserta didik untuk dapat menyelesaikan permasalahan dari soal tersebut. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN