Mohon tunggu...
Andhon AkbarPratiwi
Andhon AkbarPratiwi Mohon Tunggu... Mahasiswa - Tiwii

Bismillah

Selanjutnya

Tutup

Worklife

Sumber Daya Manusia: Bagaimana Lingkungan Kerja Mempengaruhi Produktivitas Karyawan

19 November 2021   14:58 Diperbarui: 19 November 2021   15:00 130 1 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Worklife. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Banyak karyawan dapat bekerja untuk waktu yang lama di perusahaan yang sangat produktif, bahkan jika mereka tidak memiliki banyak pendapatan.

Berdasarkan Harvard Business Review, sebuah survei oleh Institute of Best Practices menemukan bahwa 94% responden mengalami peningkatan produktivitas kerja dua hingga empat kali lipat ketika mereka menyukai pekerjaan mereka. Selain pendapatan, 4.444 karyawan mencatat bahwa kenyamanan yang mereka rasakan di tempat kerja merupakan faktor penting dalam meningkatkan produktivitas mereka dengan menumbuhkan kecintaan mereka pada pekerjaan dan perusahaan.

Berikut ini adalah faktor-faktor yang dapat meningkatkan produktivitas dengan mendorong karyawan untuk mencintai pekerjaan dan perusahaannya.

Anda akan semakin mencintai pekerjaan Anda saat bersama  rekan kerja yang menyenangkan. Memiliki rekan kerja yang mau melamar dan bekerja sama untuk menyelesaikan masalah bisnis dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Faktor penting lainnya dalam menciptakan kenyamanan di tempat kerja adalah kemampuan berkomunikasi dengan rekan kerja.

Apakah Anda tahu tipe rekan kerja yang paling Anda benci?

Survei Lee Hecht Harrison tentang eksekutif karir menemukan bahwa 45% responden tidak menyukai rekan kerja yang suka mengobrol.

Jim Greerway dari Lee Hecht Harrison menjelaskan bahwa percakapan ad hoc acak dengan rekan kerja dapat menginspirasi kolaborasi, menghasilkan ide-ide baru, membangun kepercayaan, dan meningkatkan produktivitas. Ingat, terlalu banyak bicara justru bisa menimbulkan kecemasan di antara rekan kerja Anda.

  • Saling Menghormati Rekan Kerja

Salah satu bentuk etika kerja yang baik yang diharapkan oleh karyawan adalah saling menghargai pendapat orang lain, menghargai perbedaan, dan keterbukaan. Karyawan secara alami berharap untuk bekerja dalam lingkungan yang menghargai, percaya, dan mendengarkan.

Perbedaan pendapat harus dihormati dan kontribusi kepada tim harus layak. Harvard Business Review, sebuah majalah manajemen yang diterbitkan oleh Universitas Harvard di Amerika Serikat, melakukan survei ruang kantor dan evaluasi perusahaan terhadap 20.000 karyawan di seluruh dunia. Hasilnya, 56% karyawan merasa sehat dan bahagia, 89% menikmati dan puas dengan pekerjaannya, dan 92% merasa dapat lebih fokus pada pekerjaannya.

Karyawan dengan persetujuan penyelia 1,1 kali lebih mungkin untuk tetap bekerja di  perusahaan daripada karyawan dengan nilai rendah.

  •  Beban Kerja Seimbang

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan