Mohon tunggu...
andhini maulidina
andhini maulidina Mohon Tunggu... Lainnya - yes yes yes

saya akan bersenang senang disini

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

3 Cara Mengatasi Rasa Insecure

27 September 2021   13:15 Diperbarui: 27 September 2021   13:54 38 1 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
3 Cara Mengatasi Rasa Insecure
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Terkadang sebagian dari kalian mungkin merasa insecure, itu adalah hal yang wajar dan manusiawi. Tetapi, jika kamu merasa insecure setiap saat bahkan disituasi apapun. Mungkin kamu menderita lebih dari apa yang kita yang bayangkan dan memerlukan bantuan professional. Insecurity mempunyai banyak penyebab. 

Penyebab yang paling umum mungkin datang dari standar kecantikan yang sangat tinggi. Seperti tinggi badan, warna kulit, mungkin berat badan. Sebenarnya banyak hal lain yang biasa membuat seseorang merasa insecure. Saat melihat orang lain lebih dari kita, lebih pintar dari kita dan dapat melakukan hal yang tidak dapat kita lakukan. Sehingga secara tidak langsung membuat kita membandingkan diri kita dengan mereka yang justru membuat rasa kepercayaan diri hilang.

Dikutip dari GoodTherapy bahkan Insecurity bisa datang dari suatu hubungan seperti hubungan sepasang kasih atau hubungan keluarga. Berawal dari hubungan orang tua yang toxic dapat membuat seseorang kurang percaya atau takut untuk memulai hubungan. Dilansir dari Psychology today beberapa hal ini mungkin dapat membantu anda untuk mengatasinya :

1. Memisahkan diri dari rasa insecure

Dibanding menjadi pusat dari rasa insecure, coba ingatlah bahwa kamu hanya seseorang yang merasakannya. Kamu bukan rasa insecure, kamu hanya manusia. Mungkin selama secara tidak sadar, anda telah mengambil kendali dalam mengontrol perasaan insecure. Cobalah untuk melepas kendali tersebut dan biarkan batinmu mengambil alih. Dengan kata lain, dirimu lah penyebab terbesar rasa tidak nyaman ini.

Buka pikiranmu, tekankan bahwa kekuranganmu adalah hal special yang tidak perlu ditutupi. Berfikirlah semua itu adalah anugrah tuhan yang special khusus bagimu.

2. Bertemanlah dengan kekuranganmu

Ubah mindsetmu, jangan berfikir kamu merasa insecure karena kamu adalah pecundang. Coba berfikirlah, bahwa insecurity hanyalah bahan untuk pertimbangan untuk menjadi lebih baik. Hanya bahan untuk sebuah pengamatan, bukan penilaian. Aku tau aku sedang insecure dan yang bisa ku lakuan adalah mencoba untuk mengubah keadaan lebih baik. Bukan malah membuatnya semakin memburuk. Sadarlah dengan keadaanmu dan carilah solusi yang menguntungkan untuk dirimu.

Setiap kali kamu mengetahui apa yang terjadi dalam dirimu. Saat kamu jujur dengan perasaanmu percayalah bahwa kamu tidak akan merasa sendiri. Pasti ada seseorang yang akan mengetahui keadaanmu dan akan menolongmu keluar dari situasi itu.

3. Terimalah kenyataan

Hanya orang orang berani yang dapat menatap kekurangannya dan tidak malu untuk mengakui hal itu. Hanya sebaian orang juga yang dapat terbuka akan penderian yang mereka hadapi. Jangan hanya berdiri diam menatap penderitaan yang dirasakan tanpa niatan untuk melakukan apapun yang dapat menguntungkan. Jadilah pemberani dan hadapi kekhawatiranmu dengan tenang, jangan malu atau pun menghindar. Jika kamu menghindar, itu hanya akan membuat keadaan semakin buruk dan tidak terkendali.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan