Mohon tunggu...
Andhika Hadi Pratama
Andhika Hadi Pratama Mohon Tunggu... Desainer - Memberi informasi tanpa basa-basi

Memutuskan menulis untuk melepas beban

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Tips Mencuci Motor Listrik yang Aman

18 Januari 2022   11:28 Diperbarui: 18 Januari 2022   11:53 90 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pastikan Baterai aman tertutup jok, dan MCB dalam keadaan mati (dokpri)

Memiliki kendaraan memang tidak lepas dari perawatan yang harus dilakukan secara rutin demi memaksimalkan kinerja dari kendaraan tersebut. 

Namun merawat kendaraan tidak melulu tentang pengecekan mesin atau mengganti spare part. Menjaga kendaraan tetap bersih juga termasuk bagian dari perawatan. 

Pasalnya kendaraan cenderung akan cepat kotor ketika digunakan di musim hujan, dan kendaraan kotor kerap tidak enak dipandang entah oleh pengguna jalan, atau pemiliknya sendiri. Kendaraan yang kotor juga dapat membuat performa jadi tidak maksimal ketika digunakan di jalan.

Saat ini, tempat pencucian kendaraan memang sudah cukup banyak, dan mudah ditemukan. Serta biaya yang ditawarkan pun terbilang tidak cukup mahal, untuk membuat kendaraan kita menjadi bersih kembali. 

Namun bagaimana dengan nasib kendaraan listrik? Banyak kekhawatiran yang muncul ketika akan membersihkan kendaraan listrik, terutama motor listrik. 

Bagaimana tidak, karena air dan listrik jelas memiliki konflik yang serius jika dipertemukan. Lantas bagaimana cara mencuci motor listrik, agar tetap bersih, tapi tidak merusak motor?

Sebenarnya, untuk mencuci motor listrik tidak jauh berbeda dengan ketika mencuci motor konvensional. Bedanya hanya untuk mencuci motor listrik, ada bagian-bagian yang harus diperhatikan dengan saksama, seperti menghindari penyemprotan langsung ke bagian baterai dan soket isi daya. 

Maka ada baiknya, ketika hendak mencuci motor listrik, pastikan keadaan jok, dan soket isi daya dalam keadaan tertutup. Atau jika motor anda memiliki MCB/Saklar seperti yang bisa ditemui pada Motor Listrik merk E-Volts,  pastikan MCB dalam keadaan off. Agar terhindar dari perasaan khawatir ketika mencuci motor listrik.

Setelah semua itu sudah dipastikan, selebihnya mencuci motor listrik tidak berbeda dengan mencuci motor konvensional.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan