Mohon tunggu...
Anatasia Wahyudi
Anatasia Wahyudi Mohon Tunggu... I'am Dreamer!

Will You!

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Wings Care Protector: Masker Medis 3 Ply

29 Januari 2021   02:55 Diperbarui: 29 Januari 2021   03:01 123 1 1 Mohon Tunggu...

Pada tanggal 7 Januari 2020, China memberikan identifikasi pneumonia yang tidak diketahui etiologinya sebagai jenis baru coronavirus pada tanggal 7 Jauari 2020. Awal tahun 2020, Novel Corona Virus mulai menjadi pandemi global serta menjadi masalah kesehatan negara-negara di luar RRC. 

Sebab itulah pada tanggal 12 Februari 2020, World Health Organization (WHO) memasukkan wabah tersebut ke dalam kategori pandemi. Disebutkan oleh WHO, terdapat 3 kondisi yang terpenuhi sehingga masuk dalam kategori pandemi, yaitu ditandai dengan munculnya penyakit baru pada penduduk, menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit yang berbahaya, serta penyakit dapat menyebar dengan mudah juga berkelanjutan diantara manusia.

Pandemi Covid-19, perusahaan berfokus terhadap produk kesehatan yang terus meningkat diantaranya ialah masker, hand sanitizer, hingga pembersih ruangan yang ikut meramaikan industri persaingan. Persaingan ketat yang terjadi ialah terutama bagi produk masker dan hand sanitizer. Beberapa perusahaan bahkan mengeluarkan produk tersebut yang biasanya mereka berfokus pada bidang yang lainnya. Selain untuk persaingan bisnis, perusahaan juga perlu sekiranya dalam membentuk citra maupun reputasi terhadap merek maupun bisnis yang dijalankan agar dapat memperoleh simpati dan konsumen loyal.

Adapun dalam analisa case study ini, penulis memilih produk masker sekali pakai dari Wingscare Protector. Alasannya dikarenakan masker ini merupakan masker medis yang bisa digunakan untuk sehari-hari serta memiliki 3 lapisan yang sesuai dengan kebutuhan di masa pandemi ini.

ANALISA CASE STUDY 

a. Analisa SWOT Produk

Analisa SWOT merupakan identifikasi berbagai faktor secara sistematis dalam merumuskan strategi perusahaan. Adapun analisa SWOT dari produk masker WINGSCARE Protector ialah sebagai berikut:

Strength/ Kekuatan:

  • Harga yang terjangkau di bawah Rp 100.000,- per box isi 50 lembar
  • Lulus uji BFE (Bacterial Filtration Efficiency) serta mendapatkan ijin Kementerian Kesehatan
  • Fluid Resistant (tidak tembus cairan)
  • Masker 3 ply yang melindungi dari debu, bakteri, serta partikel berbahaya
  • Sesuai aturan SNI 8488 tahun 2018
  • Material non-woven spunbond dan non-woven meltblown spunbond yang efisiensi penyaringan bakteri mencapai 98%
  • Mudah ditemukan baik online maupun offline

Weakness/ Kelemahan: Desain standar seperti merk lainnya

Opportunity/ kesempatan:

  • Permintaan pasar akan kebutuhan dari masker
  • Masih jarangnya produk masker medis sekali pakai yang harganya ekonomis

Threat/ Ancaman: Banyaknya perusahaan yang menjual masker medis sekali pakai

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN