Kalau sebelumnya kita sudah berkenalan dengan internet dari mulai sejarah hingga perkembangannya dan kaitannya dengan jurnalisme, kali ini kita akan kembali berkenalan dengan  salah satu yang menjadi dampak dari adanya internet itu sendiri.  Kira-kira apa ya? Jangan lupa simak sampai bawah!
Semakin pesatnya pertumbuhan teknologi dan internet kian mempengaruhi aspek-aspek kehidupan manusia khususnya dalam hal berkomunikasi dan mengumpulkan informasi.Â
Guna mendapatkan infromasi, kita biasa menemukannya lewat bantuan media massa seperti televisi, surat kabar cetak, hingga radio. Pengaksesan informasinyapun bergantung pada informasi mana dulu yang ada di bagian awal surat kabar, atau jam berapa penayangan informasi tersebut sehingga kita harus menunggu dan menyeleksi beragam informasi sampai pada akhirnya menemukan informasi  apa yang menjadi 'kebutuhan' kita saat itu.Â
Tapi, berbeda jika berbicara tentang 'penyebaran informasi' di zaman sekarang. Dengan bermodal ponsel pintar dan jaringan internet, segala informasi yang kita butuhkan dengan cepat dapat tersedia sesuai dengan key word yang telah kita cantumkan. Pengaksesan juga lebih mudah karena muncul berbagai portal media online yang siap membagikan pesan berupa berita dan informasi.Â
Apakah kamu pernah merasakan hal seperti itu? Jika iya, selamat, artinya kamu baru saja mengalami suatu fenomena munculnya new media!
New media atau media baru menurut Mulyana secara sederhana berasal dari kata "new" yang berarti baru, dan "media" yang berarti 'alat' yang digunakan untuk menyampaikan pesan kepada penerima. Media baru ini juga digunakan untuk menyuguhkan konten melalui berbagai bentuk alat komunikasi elektronik yang dimungkinkan lewat penggunaan teknologi komputer.Â
Media baru juga suatu bentuk dari kovergensi media konvensional dengan media digital. Adapun keunggulan yang dapat kita lihat dari munculnya media baru adalah sifatnya yang realtime, ini berarti kita sebagai pengguna dapat mengakses informasi dan layanan media tersebut dengan cepat kapanpun dan dimanapun selama kita terkoneksi dengan perangkat yang terkomputerisasi dan adanya jaringan internet.
Martin Lister, dkk menjelaskan bahwa terdapat 6 karakteristik dari media baru. Namun agar dapat lebih memahami karakteristik tersebut, pemaparan akan dijelaskan langsung menggunakan studi kasus yaitu analisis implementasi pada salah satu portal berita online, iNews.id.
DigitalÂ