Mohon tunggu...
Anastasia Cecilia Ginting
Anastasia Cecilia Ginting Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Ilmu Komunikasi di Universitas Atma Jaya Yogyakarta

Memiliki kegemaran dalam bidang media, public speaking dan jurnalisme.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan Pilihan

Lahirnya Podcast Merupakan Elementasi Media Baru?

5 September 2022   19:51 Diperbarui: 5 September 2022   20:01 578 3 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Istilah media baru semakin terdengar di peredaran publik semenjak internet mulai berkembang dan menjadi salah satu teknologi evolusi manusia. Sesuai dengan artikel saya sebelumnya mengenai Internet dan Dunia baru, kali ini ini kita akan membahas mengenai Media Baru.

Media baru atau new media merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan konten komunikasi yang digunakan menggunakan alat perangkat elektronik, komputer dan internet. Konten new media memiliki keunggulan yang dimana isi kontennya mampu dilihat dimana dan kapanpun. Selain itu, new media memungkinkan orang untuk berinteraksi secara real time seperti memberikan komentar. 

Karakteristik New Media

Adapun karakteristik new media menurut Martin Lister adalah:

1. Lahirnya digitalisasi, hal ini terbukti dengan kemudahan manusia dalam menyimpan dan mengakses informasi. Dengan kemampuan kabel dan satelit, kini informasi dan berita baru dengan mudah mampu diakses oleh siapapun.

2. Lahirnya interaksi, dibandingkan dengan media konvensional adapun kelebihan dari new media adalah memungkinkan pengguna/usernya berinteraksi dengan siapapun, termasuk dengan penulis artikel/konten. Jika dibandingkan dengan media konvensional seperti koran dan majalah, hal tersebut tentunya tidak memungkinkan untuk berinteraksi dengan seluruh pembaca dari media tersebut. Namun, dengan lahirnya internet dan komputer, interaksi antar pengguna menjadi tidak terbatas dan mudah. 

3. Hypertext atau tautan link. Selaras dengan karakteristik sebelumnya, dengan lahirnya new media memungkinkan seseorang untuk mengakses informasi secara mudah dan cepat. Dengan lahirnya tautan link/hyperlink memberikan kemudahan bagi penggunanaya untuk mengakses sesuatu secara lebih banyak dan lengkap.

4 Jaringan yang global,  media digital juga memfasilitasi globalisasi budaya melalui jaringan virtual. Hal ini sangat dirasakan disaat Covid-19 mewabah, dimana seluruh akses secara langsung ditutup dan memungkinkan seseorang untuk melakukan interaksi secara online. Dengan adanya new media, internet memberikan keuntungan sehingga masyarakat masih bisa melakukan kegiatan mereka seperti biasanya meskipun tidak bertemu secara langsung.

5. Lahirnya kehidupan secara virtual. Tidak jauh beda dengan poin sebelumnya, kehidupan secara virtual menjadi hal yang sudah menjadi biasa bagi kehidupan bermasyarakat. Dengan lahirnya sosial media, manusia memiliki kemampuan untuk berimajinasi dan menciptakan kehidupan baru sesuai dengan apa yang ia inginkan.

6. Simulasi, tahap ini merupakan tahap berikutnya dari karakter virtual. Simulasi dapat dilihat dengan jelas seperti saat bermain video game yang memberikan kesan dan pengalaman mendalam bagi penggunanya yang disimulasikan melalui teknologi digital.


PODCAST SEBAGAI SALAH SATU MEDIA BARU

pexels-photo-6954162-6315e16808a8b5792c609f94.jpeg
pexels-photo-6954162-6315e16808a8b5792c609f94.jpeg

Sumber: pixels.com

Podcast merupakan sebuah rekaman audio langsung/tidak langsung yang memiliki satu topik pembahasan tertentu. Hal ini bisa saja seputar lifestyle, bisnis, finansial, kecantikan, musik, film dan banyak lagi. Keuntungan dari podcast adalah seseorang memiliki kemampuan untuk membuat podcast mereka sendiri hanya dengan perangkat keras yang mudah diakses.

Berbeda dengan radio, yang tentunya harus memiliki izin edar, dan harus mencari frekuensi tententu podcast memberikan kemudahan bagi penggunanya untuk membuat siaran radio mereka hanya dengan mengunduh applikasi podcast seperti Anchor, Apple Podcast, ataupun applikasi podcast lainnya.

Saat ini sudah banyak sekali konten kreator yang membuat konten podcast. Adapun seseorang yang membuat podcast disebut sebagai podcaster

Saat ini aplikasi terbanyak yang digunakan untuk mendengarkan podcast adalah aplikasi Spotify. Selain menyediakan lagu dan musik, aplikasi ini menjadi sarang podcaster mengunduh dan mengupload siaran audio mereka.

Jika dilihat melalui Peringkat Podcast Terbaik September 2022, adapun podcast yang menduduki 5 peringkat besar sebagai podcast dengan listener terbanyak adalah:

1. Rintik Sedu

2. Podkesmas (Podcast Kesehatan Masyarakat)

3. Kita dan Waktu

4. Gema Membiru

5. Bincang Asa dan Rasa

Hal ini tentunya menjadi terobosan besar bagi perkembangan new media yang dimana sebelumnya info berbentuk audio hanya dapat didengar melalui radio yang bersifat tidak fleksibel (tidak dapat dipilih dan tidak dapat didengar ulang) kini berkembang menjadi podcast yang memberikan kemudahan bagi penggunanya.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan