Mohon tunggu...
wahyu septian
wahyu septian Mohon Tunggu... -

no coment

Selanjutnya

Tutup

Money

Trend Usaha Menengah Kebawah

4 Juli 2013   20:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:00 2977
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Apa trend usaha saat ini ?

yak, itulah yang mesti menjadi pertanyaan banyak orang dalam menyambut hari lebaran ini.Buat sebagian orang kerja lebih mudah daripada usaha.Katanya,usaha itu susah lah,usaha itu butuh modal besar lah,takut bangkrut lah,ini lah,itu lah.. hmm Indonesia  banget.Memang  ngga gampang,tp namanya juga usaha ! :D

Buka usaha,Buka pikiran  !! jika kita ingin membuka usaha,kita juga harus melihat perkembangan bisnis yang lagi “in” dan terus berkembang baik untuk tahun2 depan. Kita juga harus “mapping” pastinya. betul?

apa yang harus kita lihat beberapa hal dibawah ini.
A.perkembangan populasi manusia
Mengenai hal ini anda sendiri lah yang harus observasi ke lapangan atau area sekitar tempat anda yang ingin anda komersilkan.
berapa banyak populasi manusia yang dapat anda manfaatkan atau dibisniskan? itulah yang mesti jadi pertanyaan.
B.Perkembangan populasi kendaraan
Anda juga harus jeli melihat apakah tempat anda banyak dilalui kendaraan. pelajari type kendaraannya, apakah anda harus menyediakan servis level high class atau average class..
hal ini juga bersangkut paut terhadap point A(populasi manusia)
C.Kebutuhan yang sulit dicari
Lagi2 anda harus observasi disekitar daerah anda yang akan dikomersilkan.
caranya gampang, tinggal anda bayangkan jika anda berada disana (tempat bisnis anda), kira2 apa yang sulit dicari masyarakat sekitar, misalkan ada namun tempatnya cukup jauh untuk dijangkau.
Ya, inilah yang harus anda pelajari


1.Bisnis Kuliner
Semakin ramai orang disekitar tempat yang akan anda komersilkan berarti ada banyak perut yang siap menyantap masakan direstoran anda, apalagi banyak kantor dan sekolah-sekolah tingkat SMA/Universitas… mereka adalah orang-orang yang rada males membawa makanan dari rumah dan mereka-mereka ini juga angkatan yang paling konsumtif.
apasaja bisnis kuliner yang berprospek ditempat2 tersebut?
A.Makanan orang-orang yang sangat kelaparan seperti nasi padang yang disuguhi dengan nasi yang banyak
B.Makanan kue-kue kecil atau gorengan sebagai cemilan
C.Makanan Elit (sesuai dengan kreativitas anda membuat ke eleganan makanan/tempatnya)
kelemahan bisnis ini anda akan mempunyai banyak saingan
berusahalah sekuat tenaga untuk menjadi orang kreatif yang minimal restoran anda bisa dilirik dan menjadi patokan tempat janjian.

2.Editing Komputer, Percetakan
Nah, kalo yang ini adalah bisnis yang saya maksud dari point “kebutuhan yang sulit dicari”, karena masih banyak orang gaptek yang ingin mengedit suatu gambar, dokumen, pamflet2. itu untuk dibisnis editing komputernya.
bisnis ini sangat baik apabila disandingkan dengan bisnis percetakan sebagai tandemnya… misalnya fotokopi, membuat banner, reklame, cetak design baju danlainlain.
saya belum melihat kelemahan dalam bisnis ini, walaupun ada pesaingnya tetapi pelanggan akan tetap mencari anda karena terkadang pesaingpun kewalahan menangani permintaan pelanggan sehingga pelanggan harus menunggu dalam kurun waktu yang lama untuk penyelesaiannya. jadi jika anda membuka usaha ini.. yaaa.. lumaya.

3.Bahan Baku Panganan(ternak)
ini bisnis  gak akan ada habisnya selama perut manusia masih ada.. bahan baku panganan jg lagi ngehits ni seiring bertambahnya jumlah restaurant2 yang bersaing ketat.
liat aja tuh, warung pecel lele makin banyak, segala makanan iga-iga an juga lagi ngehits, ayam kampong,burung dan bebek. inilah yang jadi pertimbangan untuk saya masukkan bisnis ini dalam salahsatu bisnis yang prospektif di tahun depan.
perlu diketahui, orang indonesia lebih suka dedagingan daripada sayuran, selain gengsi karena harganya.. mungkin olahan makanan dedagingan yang disajikan oleh para chef  lebih kreatif daripada makanan olahan sayur-sayuran
Kelemahan bisnis ini terletak pada ketatnya pengelolaan, kalau tidak dikelola dengan ketat..maka bisnis ini akan segera bangkrut dengan cepat karena penyakit. karena yang anda bisniskan ini bersangkut pautan dengan nyawa.
jika lengah berarti anda berada diambang kebangkrutan.
4.Bisnis Gadget
Perkembangan gadget yang pesat menghasilkan peluang yang besar bagi para pebisnisnya, disini gengsi berbicara.
tapi untunglah orang indonesia emang banyak yang gengsian, jadi belum terlalu mengkhawatirkan tingkat resikonya.
bisnis ini akan semakin ngejreng jika disandingkan dengan bisnis bidang jasa dari bisnis tersebut (perbaikan gadget rusak).
bisnis ini berpeluang mengalami kebangkrutan yang besar apabila orang indonesia sadar bahwa “technological slavery”(perbudakan oleh teknologi) sedang menggiat atau sedang gencar2nya.
saya rasa sebagian orang sudah lumayan sadar dan capek dengan keluaran gadget terbaru dengan fitur yang tidak banyak berbeda.  saya pribadi tidak menyarankan bisnis ini untuk tahun 2013, selain banyak banget saingannya.. namun peluang masih tetap besar untuk bagian gadget bertouch screen.
5.Cucian Mobil/Motor
Hati-hati dengan bisnis ini, jika sudah menjalankannya anda harus memilih,anda akan kaya atau kaya mendadak.. haha
yah.. itu tergantung juga ke strategisan tempat berbisnis anda.
namun strategis atau tidaknya tempat tidak terlalu pengaruh, karena perkembangan mobil/motor(kendaraan) semakin wOw
ya bagaimana tidak? sebulan aja mobil2 di showroom diseluruh indonesia laris dikisaran 100rb-an unit.. itu baru satu jenis.. belom brand dan jenis lainnya.
trus..
blom lagi kekinclongan mobil sudah jadi kebutuhan sekarang.. malu cuy kalo diparkiran mobil kita paling buluk bin dekil :D..
Kalau udah gitu? masak iya ditempat anda gak ada nyangkut 10 kendaraan perhari? apalagi tempatnya strategis.. gak sampe setahun anda bisa bergelar Haji (bagi yang b
lum)

namun kelemahan bisnis ini ialah.. bisnis akan lebih sepi ketika musim kemarau, kecuali tempat/daerah elit yang sadar akan kekinclongan kendaraan.
dan bisnis ini juga akan lebih sepi ketika hujan datang setiap hari..
namun akan laku keras sekeras-keras
nya jika hujan turun seminggu sekali atau duakali atau pada saat hujan dimusim kemarau ekeke.

untuk masalah marketing bisnis ini ialah bisnis yang marketnya luas.

Sekian semoga bermanfaat.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun