Mohon tunggu...
Nanang Budi Santoso
Nanang Budi Santoso Mohon Tunggu... Teknisi - Hidup lebih berarti jika bermanfaat buat orang banyak

Ngapak plat R

Selanjutnya

Tutup

Otomotif Pilihan

Tanda-tanda Matic Mobil Mulai Bermasalah

9 November 2022   20:25 Diperbarui: 10 November 2022   14:26 389
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Sumber: galerimobilmu.blogspot.com

Mobil matic atau CVT saat ini populasinya begitu banyak,apalagi di daerah perkotaan yang sering mengalami macet.Para pengendara memilih mobil matic karena di rasa lebih mudah dan simple.Selain lebih mudah pengoperasiannya karena hanya menggunakan 2 kaki dan pedal,juga mengurangi tenaga/efek capek pada kaki saat di kendarai di jalan padat yang sering macet.

Mobil ini saat ini jadi trend bagi kaum hawa.Namun harus perlu di perhatikan bagi pengendara untuk mengerti bagaimana pengoperasian dan tanda tanda matic mobil bermasalah.Karena perbaikan transaxle matic lebih mahal dari pada manual.

Berikut ini tanda-tanda mobil matic anda mulai bermasalah.

1.Saat dingin atau di pagi hari posisi shift lever di D ga mau jalan

Ini merupakan tanda yang sering terjadi atau di alami para pemilik mobil.Saat dingin atau pagi hari,shift lever di pindahkan ke posisi D ga mau langsung jalan.Biasanya harus di panasi dulu baru bisa jalan atau memindahkan posisi shift lever ke posisi lain atau L.

Hal ini terjadi karena seal seal piston dalam mekanisme di dalam transmisi anda mulai aus atau keras sehingga saat posisi ATF di suhu dingin piston yang ada di dalam matic anda ga mau beroperasi dengan maksimal karena terjadi kebocoran di sistem ini.Lain halnya,jika pada posisi suhu ATF di dalam matic sudah panas.Panas ini akan membuat seal sedikit memuat sehingga mengurangi kebocoran pada sistem pistonnya.Sehingga aman saat posisi mesin sudah panas.

2.Saat perpindahan Shift Lever terutama saat N ke D terasa Nyentak.

Terjadi karena kampas matic yang sudah aus atau piston piston yang macet pada sistem control valve nya.Biasanya memang karna kampasnya yg sudah terjadi keausan dan harus di ganti.Sehingga perlu di bawa ke bengkel untuk dilakukan overhaul matic mobil anda segera di bengkel terdekat atau langganan.

3.Terasa ga mau pindah gigi di rpm 2000 an atau akselerasi berat.

Terjadi karena kampas yang sudah mengalami keausan dan sistem piston yang tidak bekerja secara optimal pada contol valve matic.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Otomotif Selengkapnya
Lihat Otomotif Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun