Nanang BudiS
Nanang BudiS teknisi

Hidup lebih berarti jika bermanfaat buat orang banyak

Selanjutnya

Tutup

Otomotif

Karena Budaya 5R, Industri Otomotif Nasional Melirik SMK Arya Satya Patikraja Banyumas

10 Maret 2018   02:22 Diperbarui: 10 Maret 2018   02:33 4678 0 0
Karena Budaya 5R, Industri Otomotif Nasional Melirik SMK Arya Satya Patikraja Banyumas
Sumber: Nanangbudis

                                                                                                                                                   

Pertumbuhan ekonomi Indonesia pada beberapa tahun belakangan ini memiliki trend yang sangat positif.Dengan pertumbuhan di atas 5% di bawah pemerintahan Jokowi-JK,dan terobosan yang di buatnya.Pemberlakuan regulasi dan aturan yang lebih efektif.Mampu menarik para investor asing dari berbagai negara belahan dunia,untuk menanamkan modal/investasi di Indonesia.

Selain di bidang infrastruktur yang pada saat ini mulai bisa di rasakan masyarakat,sektor industri otomotif sangat diminati.Hal ini terbukti dengan banyak dibangun pabrik-pabrik baru sekarang ini.Sehingga diharapkan menyerap tenaga kerja dan meningkatkan SDM masyarakat.

Smk Arya Satya Patikraja,Banyumas sebagai salah satu sekolah kejuruan di Indonesia ,mampu mencetak para siswa siswi yang handal dan profesional yang siap bersaing dan berkontribusi di industi otomotif tanah air. Walaupun belum lama di dirikan,Smk Arya Satya,sistem pembelajaran di rasa cukup inovatif.Selain pembelajaran normatif dan kejuruan dengan pembelajaran praktek yang lebih banyak.Pendidikan karakter dan budaya 5R juga di terapkan di sekolah ini.

Sumber: Nanangbudis
Sumber: Nanangbudis
                                                                                                                                                

Sumber: Nanangbudis
Sumber: Nanangbudis
Budaya 5R adalah suatu metode untuk mengelola atau mengatur tempat kerja menjadi suatu tempat kerja yang lebih baik secara berkelanjuta da berkesinambungan.Budaya 5Rini terdiri dari Rajin,Rawat,Resik,Rapi,Ringkas.Di negara Jepang budaya ini sudah sangat melekat karena memang di negara Sakura tersebut budaya ini diciptakan/berasal.

Tujuan dari diterapkannya budaya 5R ini dimaksudkan bisa meningkatkan kualitas dan efisiensi di tempat kerja.Sehingga terciptanya rasa nyaman dan betah di lingkungan kerja setelah siswa lulus sekolah dan selanjutnya terjun bersaing di dunia kerja.

Sumber: Nanangbudis
Sumber: Nanangbudis
                                                                                                                                                   
Sumber: Nanangbudis
Sumber: Nanangbudis
                                                                                                                                               
Sumber: Nanangbudis
Sumber: Nanangbudis
                                                                                                                                            

Berbagai industri otomotif di Indonesia sekarang  ini juga sudah banyak menerapkan budaya ini,karena memang  sektor industri yang paling banyak di Indonesia berasal dari Jepang.Beberapa alasan inilah yang menjadi Smk Arya Satya Patikraja dilirik oleh industri otomotif nasional untuk merekrut para calon karyawannya.Persaingan sumber daya manusia yang semakin ketat di dunia kerja mampu di jawab oleh Smk Arya Satya.Berbagai perusahaan industri otomotif  mulai menjalin hubungan dan kerjasamanya di sekolah ini.Hal ini terbukti perusahaan seperti Toyota Manufakturing Indonesia,Astra Grup,Nasmoco,Plaza Toyota dan masih banyak perusahaan dengan merk brand lain menggandengnya.

Diharapkan ini bisa menjadi contoh buat sekolahan lain baik kejuruan ataupun negeri untuk mengaplikasikannya.Sehingga Indonesia semakin baik bersaing dengan negara lain dengan sumber daya manusia produktif dan berkualitas.

Terima Kasih