Mohon tunggu...
Anang Syaifulloh
Anang Syaifulloh Mohon Tunggu... Freelancer - Akun Pribadi

Pengagum Bapak Soekarno, namun untuk masalah wanita belum seahli beliau

Selanjutnya

Tutup

Humaniora

Saya Harus Masuk Surga Sendirian?

29 September 2017   14:07 Diperbarui: 29 September 2017   14:11 919
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Humaniora. Sumber ilustrasi: PEXELS/San Fermin Pamplona

Ibadah adalah tugas manusia di bumi sebagai khalifah. Berlomba- lomba dalam hal kebaikan bukan berarti bersaing antar manusia. Aku masuk surga karena menyingkirkan kamu dan akhirnya neraka menjadi tempat tinggalmu. Bukan, di surga insya allah tidak ada kuotanya kok.

Beberapa Jumat yang lalu saya diingatkan tentang mencari surga bersama-sama. Adzan Khutbah sudah berkumandang, Khotbah juga hampir selesai. Ketika Iqomah dikumandangkan, makmum berdiri dan bersiap mengambil tempat masing-masing. Paling depan kalau perlu karena shof depan lebih utama daripada belakang. Saya salah satu orang yang bergegas untuk maju ke depan. Mencari keutamaan shof depan seperti yang dikatakan guru diniyah saya

Tapi tiba-tiba aja jawilan tangan seorang yang sudah tua renta. Seseorang yang saya juga mengenalnya. Dulu saya sering diberi angpau waktu lebaran dengan jumlah yang agak bersar. Beliau kesulitan untuk berdiri. Isyarat tangannya ingin bantuan untuk berdiri. Saya terkaget dang reflek langsung membantu berdiri. Peluang untuk mendapat shof depan sudah hilang. Tapi akhirnya tersadar.

Mengapa kita berlomba untuk mencari kebaikan tapi tidak mempedulikan orang lain yang kesulitan untuk meraih kebaikan juga? Bukankah bersama-sama mencari kebaikan lebih indah daripada hanya mementingkan diri sendiri. Jadi siapakah juaranya?

Mohon tunggu...

Lihat Konten Humaniora Selengkapnya
Lihat Humaniora Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun