Mohon tunggu...
Penulis Pinggiran
Penulis Pinggiran Mohon Tunggu... Lainnya - Semarang, Jawa Tengah

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Pemerintahan

Reshuffle Kabinet? Bak Kejutan Promo Akhir Tahun

23 Desember 2020   00:45 Diperbarui: 23 Desember 2020   00:49 274 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Isu pergantian rombak ulang Mentri  kabinet atau yang dikenal Reshuffle kabinet  Indonesia Maju di bawah pemerintahan Jokowi Widodo-Ma'ruf Amin semakin berhembus. Bahkan sejumlah nama mencuat dan muncul ke media sejak beberapa hari terakhir. 

Langkah perombakan kabinet merupakan hal yang lumrah dalam pemerintahan untuk memperbaiki maupun meningkatkan kualitas kinerja Mentri dalam suatu kabinet. perombakan kabinet yang dilakukan selain untuk mengisi dua posisi mentri yang kosong akibat tersandung kasus korupsi juga dilakukan untuk menggantikan posisi Mentri yang dianggap kurang memuaskan kinerjanya atau tidak sesuai ekspetasi. 

Selasa, 22 Desember 2020 Presiden Joko Widodo di dampingi Oleh Wakil Presiden Ma"ruf Amin telah mengumumkan reshuflle kabinet melalui saluran Youtube Sekretariat Presiden. 

Melalui siaran tersebut, Pertama Jokowi memutuskan Tri Rismahartini yang sebelumnya menjabat sebagai Walikota Surabaya untuk mengisi kekosongan kursi Mentri Sosial. Sosok Tri Risma sapaan akrabnya merupakan orang yang sudah banyak dikenal oleh berbagai kalangan, selain itu, berbagai prestasi selama menjabat sebagai Walikota juga patut di acungi jempol. 

Tri Risma juga merupakan Kader PDIP yang sangat dekat dengan Jokowi dan Megawati. Tri Risma menggantikan Juliari Peter Batubara yang sebelumnya tersangkut kasus korupsi terkait dengan bantuan sosial untuk masyarakat yang terdampak Covid-19.

Kedua, Jokowi menunjuk Budi Gunadi Sadikin seorang yang bergelar insinyur sebagai Menteri kesehatan yang baru menggantikan posisi Terawan Agus Putranto. Sebelum pergantian, banyak kalangan yang sudah memberikan prediksinya terhadap Menteri Kesehatan yang bakal di Reshuffle, hal tersebut tidak terlepas terkait kinerjanya terhadap penanganan Covid-19 yang dianggap kurang maksimal.  

Ketiga, Jokowi menunjuk Sakti Wahyu Trenggono sebagai pengganti Edhy Prabowo selaku Menteri Kelautan dan Perikanan yang tersangkut korupsi terkait perizinan benih lobster.  

Keempat, Jokowi menunjuk Yaqut Cholil Qoumas yang saat ini menjabat sebagai ketua GP Ansor untuk menduduki jabatan Menteri Agama menggantikan Fachrul Rozi, 

Kelima, Jokowi juga menunjuk M. Lutfhi sebagai Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Menteri Perdagangan yang baru menggantikan Agus Suparmanto. 

Dan nama terakhir yang ditunggu-tunggu menggantikan posisi jabatan Menteri dalam Reshuflle kali ini adalah Sandiaga Uno yang ditunjuk oleh Jokowi untuk menggantikan Wishnutama sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pemerintahan Selengkapnya
Lihat Pemerintahan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan