Mohon tunggu...
Anandito Reza
Anandito Reza Mohon Tunggu... Seorang pria yang hobi olahraga pingpong, membaca, menulis, jalan-jalan, dan penyayang keluarga yang selalu berpikir positif dan bersyukur dalam segala hal

Menulis adalah menyampaikan pesan positif kepada pembaca

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

9 Buku Karya 55 Alumni Writerpreneur Bekraf Diluncurkan di Perpusnas Expo

23 September 2019   12:16 Diperbarui: 23 September 2019   12:55 0 3 2 Mohon Tunggu...
9 Buku Karya 55 Alumni Writerpreneur Bekraf Diluncurkan di Perpusnas Expo
Perpustakaan Nasional RI Jalan Medan Merdeka Selatan. Dokpri 1

55 alumni writerprenuer Bekraf yang dikenal dengan Elang Tempur, pada Minggu 22 September 2019, melakukan parade peluncuran sembilan buku. Acara tersebut masuk dalam rangkaian penyelenggaraan Perpusnas Expo, yang diadakan di Theater Perpusnas Medan Merdeka lantai 2, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.

Theater Perpusnas. Dokpri 2
Theater Perpusnas. Dokpri 2

Sebelum melakukan peluncuran tersebut, Elang Tempur juga telah hadir di paviliun Bekraf di Indonesia Internasional Book Fair (IIBF) 2019. Setelah peluncuran, sembilan buku Elang Tempur akan ditampilkan di Bekraf Festival yang digelar di Surakarta, 4-6 Oktober mendatang. Sembilan buku itu juga telah mengikuti Pitching Desk Web Series VIU di Akatara Bekraf di ASEAN 3 Room Hotel Sultan, pada Kamis 19 September kemarin.

Peluncuran Buku 9 Buku Elang Tempur. Dokpri 3
Peluncuran Buku 9 Buku Elang Tempur. Dokpri 3

Elang Tempur adalah alumni dari Workshop Writerpneneur Accelerate (WWA) yang diselenggarakan Badan Ekonomi Kreatif (BEKRAF) 2019. Elang Tempur berasal dari lima provinsi, yaitu Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, DKI Jakarta dan Banten.

Salah satu syarat mengikuti WWA adalah mereka yang telah memiliki setidaknya tiga buku. Ada 500 orang lebih penulis yang mendaftar, tapi hanya 50 orang penulis saja yang terpilih. Selama empat hari, mereka mendapatkan pelatihan intensif produksi buku beberapa mentor. WWA baru saja diadakan di Royal Hotel Bogor, pada 25-28 Juni 2019.

Sembilan buku karya Elang Tempur adalah Anak-Anak Matahari, Antargata, Episode Kita, Menuju Kembali, Mereka Ti(ada), Pituloka, Rempah Rindu, Suatu hari Bersama Pak Senen, dan Tumpeng.

Tim Episode Kita. Dokpri 4
Tim Episode Kita. Dokpri 4
Melalui sembilan buku tersebut, para Elang Tempur siap mendobrak dunia literasi lndonesia. Sembilan buku karya Elang Tempur menggambarkan kekayaan genre tulisan sesuai dengan latar belakang penulisnya. Keunggulan lainnya buku mereka adalah menampilkan kearifan lokal.

Sembilan Buku yang diproduksi Elang Tempur tidak sekadar terbit, karena dilakukan dengan perencaanaan yang matang sejak awal produksi sampai pemasarannya. Apalagi buku-buku tersebut juga menggambarkan semangat juang, kreativitas, dan komitmen Elang Tempur untuk Melangitkan Karya Membumikan Rasa. Bergerak dengan Tulisan, Berkarya dengan Pikiran.

Talkshow Elang Tempur dan Mbak Key. Dokpri 5
Talkshow Elang Tempur dan Mbak Key. Dokpri 5
Acara ini dihadiri oleh Ricky Josep selaku Wakil Kepala Bekraf, dan dra. Lutfia selaku Kabid Koleksi Umum Perpustakaan Nasional.

Ricky Josep sumringah dan senang sekali dengan hadirnya penulis dan wirausaha dalam satu paket yang sesuai dengan harapan Presiden Jokowi. "Penggabungan atau kolaborasi itu menarik, sehingga writerpreneur adalah konsep yang brilian di era millenial dengan adanya teknologi dalam bidang penulisan. Saat ini karya tulis berpeluang diangkat ke layar lebar, jadi makin potensial. Bekraf sukses gelar Katapel di ajang Akatara dengan banyak startup yang sudah tumbuh berkembang dan siap menjadi andalan bagi jutaan kisah yang dituangkan dalam medium tulisan," ujar Ricky optimis.

Elang Tempur foto bersama Mbak Key, Pak Ricky dan Bu Lutfia. Dokpri 6
Elang Tempur foto bersama Mbak Key, Pak Ricky dan Bu Lutfia. Dokpri 6

Adapun dra. Lutfiani mengingatkan bahwa para penulis tidak berhenti pada ide kreatif saja, tapi berlanjut ke realitas sesungguhnya dengan sinergi agar punya kemanfaatan bagi bangsa dan negara.

Kirana Kejora, mentor Elang Tempur yang akrab disapa Mbak Key, dalam sambutan peluncuruan buku tersebut berujar, "Elang Tempur tidak hanya bisa menulis, tetapi juga berjiwa penulis yang pengusaha (writerprenuer). Mereka mengonsep buku dari hulu sampai hilir. Mereka meracik ide, menulis, menerbitkan, strategi pemasaran, bahkan book trailer untuk adaptasi film."

Tim Episode Kita bersama Pak Ricky Josep dan Mbak Key. Dokpri 7
Tim Episode Kita bersama Pak Ricky Josep dan Mbak Key. Dokpri 7
Taumy Alif, selaku ketua panitia peluncuran buku yang sekaligus juga anggota Episode Kita dan Elang Tempur, menyatakan "Peluncuran buku ini hanyalah permulaan. Setelah ini, kami akan terus meramaikan dunia literasi Tanah Air dengan karya-karya yang berkualitas," ujarnya.

Itulah informasi mengenai peluncuran 9 buku 55 alumni writerprenuer Bekraf yang diadakan kemarin. Semoga informasi ini bermanfaat serta memberikan informasi dan inspirasi bagi pembaca. 

Salam Literasi Kreatif!

KONTEN MENARIK LAINNYA
x