Mohon tunggu...
Ananda Tias Putri
Ananda Tias Putri Mohon Tunggu... Jurnalis - Mahasiswa / Ilmu Komunikasi / Universitas Nasional

Saya Ananda Tias Putri, biasanya orang memanggil saya Tias. Saya seorang perempuan yang memiliki hobi yang lumayan banyak diminati masyarakat yaitu membaca, sekarang sedikit menyukai menulis karangan and travelling. Saya juga memiliki makanan dan tempat yang favorit, yaitu Bakso dan saya sangat menyukai pantai, pulau karna saya suka berenang. Saya orang yang bisa dikatakan sedikit perfeksionis dalam mmbersihkan atau mengerjakan suatu hal yang akan saya kerjakan sehingga saya tidak suka pekerjaan saya dikerjakan oleh orang lain, saya juga orang yang bertanggung jawab jika itu pekerjaan yang memang tugas saya.

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Eksistensi Media Sosial di Masa Pandemi

31 Juli 2022   23:07 Diperbarui: 31 Juli 2022   23:16 121 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Media sosial sekarang ini memiliki peran yang penting dalam kegiatan masyarakat yang dapat mempengaruhi kebiasaan dan konsumsi informasi masyarakat. Seperti dapat mengekspresikan diri atau menyampaikan informasi, komunikasi, pekerjaan, penyaluran bakat, hingga pelajaran, terutama pada masa pandemi Covid -- 19. Setiap orang yang memiliki telepon pintar pasti memiliki beberapa akun media sosial, seperti Facebook, Twitter, Instagram, Tiktok, dan lainnya. 

Sehingga Jumlah pengguna dalam menggunakan internet dan media sosial sangatlah meningkat. Pandemi Covid -- 19 memang sangat membawa perubahan yang signifikan dalam berinteraksi di media sosial. 

Media sosial merupakan media yang digunakan dalam bersosialisasi (Nasution, 2020). Untuk memudahkan interaksi masyarakat, media sosial telah menyediakan media secara virtual untuk pertukaran informasi pada masa pandemi Covid -- 19. 

Di era digital ini banyak masyarakat yang memperoleh informasi dari berbagai media sosial sehingga memberikan pengaruh terhadap proses pembentukkan diri dan perilaku. Di dalam media sosial banyak fenomena yang terjadi seperti haters, yang memiliki perilaku merasa mereka di media sosial benar. 

Sedangkan Haters merupakan sebuah ajang untuk mengekspresikan diri dan kritik terhadap orang lain, itu merupakan perilaku haters. Bertujuan untuk menghina dengan kalimat negatif, penyerangan non verbal, menjatuhkan mental, ini merupakan perilaku verbal agresif. 

Karna pengaruh media sosial ini banyak terpengaruh oleh berbagai hal, adanya perubahan budaya komunikasi untuk yang memakai media sosial secara intens. 

Contoh ketika seseorang menggunakan media sosial karna mereka merasa bahwa media sosial tempat yang tepat dalam mengungkapkan masalah, perasaan, marah, sedih diungkapkan lewat sosial media walaupun mereka tahu bahwa itu bukan solusi yang tepat. 

Dengan melihat hal ini maka pernyataan Mcluhan dalam teori Determenisme teknologi bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri pada akhirnya teknologi membentuk individu bagaimana cara berpikir.

Tren dalam perkembangan pengguna media sosial pada masa pandemi Covid -- 19 membawa siapa saja yang terlibat dalam berinterkasi secara virtual yang telag disediakan seperti zoom dan media sosial lainnya. 

Sekarang media sosial tidak hanya sebagai tren, namun bisa juga menghasilkan uang, dapat membangun sebuah hubungan sosial seperti pertemanan, dan mencari perhatin publik. Namun demikian kemudahan akses media sosial tidak semuanya berdampak positif dan bisa sebagai alat alternatif bagi masayarakat. 

Pesatnya perkembangan terhadap media sosial semua orang bisa memiliki media sendiri dan mengakses jejaringan sosial dengan bebas. Media sosial dapa membuat page pribadi dan terhubung dengan setiap orang yang bergabung untuk berbagi informasi dan berkomuniksi. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan