Mohon tunggu...
anandarizka 011
anandarizka 011 Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

lanjut aja dulu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Pentingnya Sila ke Lima dalam Pancasila

18 September 2021   17:01 Diperbarui: 18 September 2021   18:46 51 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pentingnya Sila ke Lima dalam Pancasila
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pancasila merupakan asar negara artinya Pancasila menjadi sumber nilai, norma, dan kaidah bagi segala peraturan hukum dan perundang-undangan yang dibuat dan berlaku di Indonesia. 

Alasan mengapa pentingnya kita harus mengetahui pentingnya sila kelima dalam Pancasila karena, di negara kita, yaitu negara Indonesia keberadaan sila kelima ini sudah mulai rapuh atas keberadaannya. Baik itu di kalangan masyarakat maupun kepemerintahan.

Maka dari itu kita sebagai masyarakat juga harus saling mengingatkan, tentang keberadaan dari Pancasila sila kelima ini. 

Adapun nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila sila kelima ini, yaitu:

1. Harus menerapkan perilaku adil dalam bidang ekonomi, sosial, dan politik

Tidak hanya ingin diperlakukan adil, setiap orang juga perlu berperilaku adil tanpa adanya membeda-bedakan sesamanya. Sikap adil pun telah diajarkan dari sisi kehidupan mulai dari agama hingga hukum.

2. Harus menghormati hak dan kewajiban setiap orang

Menghormati hak dan kewajiban setiap orang itu juga sangat diperlukan, kenapa?, karena setiap penghormatan kita kepada orang lain itu memberikan pengaruh terhadap batin orang yang diberikan penghormatan tersebut. Sikap penghormatan juga tidak harus bersikap secara formal, namun juga bisa dilakukan dengan cara menghargai setiap pendapat masyarakat/orang lain.

3. Perwujudan keadilan sosial bagi bangsa Indonesia

Untuk menerapkan perilaku keadilan kita harus menganggap sama rata kedudukan setiap masyarakat, tidak peduli  orang itu berpangkat maupun tidak. Karena di mata hukum itu peraturan atau perintah itu tidak memandang segi peringkat.

4. Menggapai tujuan adil dan makmur

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan