Mohon tunggu...
ANANDA MIRATUN NADLIROH
ANANDA MIRATUN NADLIROH Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Airlangga

Saya memiliki hobi mendengarkan musik

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pembayaran Pajak Daerah yang Menuai Pro dan Kontra dalam Masyarakat

29 September 2022   19:13 Diperbarui: 29 September 2022   19:58 100 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pajak dapat diartikan sebagai kontribusi wajib yang ditujukan kepada negara biasanya berupa uang yang harus dibayarkan oleh penduduk sebagai sebuah sumbangan wajib dan sehubungan dengan pendapatan, pemilikan, harga beli, dan sebagainya. Pajak memiliki beberapa fungsi yang diharapkan dapat memenuhi tujuan negara. Fungsi pajak seperti menghambat laju inflasi, mendorong dan meningkatkan presentase kegiatan ekspor, dan memberikan perlindungan terhadap produksi barang dari luar negeri.

Pajak daerah adalah salah satu komponen local source. Dimana pajak yang dikenakan oleh tingkat pemerintah daerah tanpa langsung memperoleh kontraprestasi yang sebelumnya telah diberikan kepada pemerintah daerah yang memungut pajak daerah yang dibayarkannya. Pajak daerah dapat dibagi menjadi beberapa bagian yakni pajak provinsi dan pajak daerah kota atau kabupaten. 

Otonomi daerah akan ada apabila terjadi proses penyerahan sejumlah kekuasaan.kewenangan dari pemerintah pusat ke pemerintah daerah di mana implementasi dari desentralisasi pasti memerlukan kemampuan daerah dalam membiayai kekuasaan/kewenangan miliknya. Seluruh jenis pendapatan yang diterima oleh pemerintah daerah dan seluruh jenis pembiayaan daerah yang dilakukan dalam rangka pelaksanaan tugas pemerintahan dan program pembangunan tercantum secara jelas dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah. Salah satu contoh pajak daerah yang berlaku adalah pajak kendaraan bermotor.

Pajak Kendaraan Bermotor merupakan satu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik kendaraan bermotor adalah pembayaran pajak atas kepemilikan kendaraan yang digunakannya. Pajak kendaraan bermotor merupakan pajak yang harus dibayarkan oleh setiap pemilik kendaraan bermotor yang mengoperasikan kendaraan bermotornya di jalan umum. Baik sepeda motor ataupun mobil semua akan dikenakan pajak.  Pembayaran dari pajak kendaraan bermotor ini dapat dilakukan melalui layanan pemerintah seperti Samsat dan Polres. Pajak kendaraan bermotor diharapkan berfungsi sebagai salah satu sumber pendapatan daerah, membiayai penyelenggaraan pemerintahan, dan pelaksanaan pembangunan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Membayar pajak sangatlah penting bagi kelangsungan program yang dijalankan oleh pemerintahan, terutama pemerintah daerah. Pajak kendaraan bermotor adalah salah satu sumber pendapatan daerah. Apabila masyarakat Indonesia tidak andil dalam pembayaran pajak yang dalam hal ini memiliki konteks PKB, maka penyelenggaraan pemerintahan daerah tidak dapat berjalan dengan lancar. 

Penyelenggaraan pemerintahan daerah ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pelayanan umum serta daya saing sebuah daerah. Dengan tidak tertibnya warga dalam membayar pajak kendaraan bermotor, sudah dapat dipastikan bahwa daerah tidak akan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Pentingnya pembayaran pajak kendaraan  bermotor salah satunya disebabkan oleh fungsi pajak kendaraan bermotor yaitu membantu pembangunan fasilitas umum dalam lingkup daerah yuridis. Dari manfaat ini sudah terbukti bahwa pembayaran pajak sangat penting untuk dilakukan. 

Serentak dan patuhnya masyarakat Indonesia terhadap pembayaran pajak kendaraan bermotor akan menghasilkan fasilitas umum yang bagus dan layak digunakan oleh semua orang. Fasilitas umum seperti rumah sakit, jalan, sekolah akan menjadi bagus dengan adanya subsidi daerah.

Pajak kendaraan bermotor juga berfungsi sebagai penyaluran dana untuk penyembuhan pengendara yang mengalami kecalakaan. Kecelakaan yang dapat terjadi kapan saja tanpa memandang gender maupun usia. Apalagi, tingkat kecelakaan di Indonesia yang bisa dibilang tinggi, karena banyak pengendara yang kebut-kebutan. 

Penyaluran dana ini akan diberikan oleh pihak Jasa Raharja. Tanpa pembayaran pajak kendaraan bermotor yang tertib, penyaluran dana bagi seseorang yang mengalami kecelakaan akan susah didapatkan. Kendati demikian, tentunya harapan bagi masyarakat Indonesia adalah keselamatan dalam segala hal. Pada intinya, pajak kendaraan wajib bermotor wajib dibayarkan terutama untuk pengembangan fasilitas negara itu sendiri.

Walaupun pajak kendaraan bermotor memiliki berbagai manfaat, tentunya terdapat celah kekurangan yang membuat masyarakat Indonesia kontra terhadap penyelenggaraan pajak kendaraan bermotor. Salah satu kekurangan dalam pembayaran pajak kendaraan bermotor yang dirasakan oleh masyarakat Indonesia adalah susahnya proses pembayaran itu sendiri. Sistem oligarki yang ada di Indonesia memiliki beberapa masalah di beberapa daerah. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan