Mohon tunggu...
Anan Alkarawangi
Anan Alkarawangi Mohon Tunggu... Jurnalis Warga
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

Duta Pasundan Di Bumi Majapahit

Selanjutnya

Tutup

Humaniora Pilihan

Babinsa Tampungrejo Koramil 0815/04 Puri Bantu Petani Airi Sawah

9 Juli 2019   10:17 Diperbarui: 9 Juli 2019   10:30 0 0 0 Mohon Tunggu...
Babinsa Tampungrejo Koramil 0815/04 Puri Bantu Petani Airi Sawah
Foto : Pendim 0815 Mjk

Mojokerto, -- Babinsa Koramil 0815/04 Puri Kodim Mojokerto Serma Sugeng membantu petani mengairi sawah dengan mengunakan satu unit mesin pompa air, di sawah milik Giono, anggota Kelompok Tani Tirto Mulyo I, Dusun Ketawang, Desa Tampungrejo, Kecamatan Puri, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur, Senin (08/07/2019).

Dalam pertumbuhannya tanaman padi, memerlukan air cukup yang banyak, mulai dari pengolahan lahan hingga menjelang panen. Selain itu pupuk dan obat obatan tanaman sangat diperlukan, seperti halnya tanaman padi Jenis Ciherang milik Giono yang saat ini sudah berumur 70 hari sangat memerlukan pasokan air yang cukup untuk proses pertumbuhan, demikian ungkap Serma Sugeng.

Serma Sugeng menambahkan, pengairan dengan pompa diesel ini dilakukan, karena curah hujan mulai berkurang dan irigasi pertanian mulai menyusut. Sehingga untuk mempercepat proses pengairan dilakukan dengan bantuan mesin pompa air, yang di mulai sejak pagi hingga malam hari.

Lebih lanjut Serma Sugeng menjelaskan, seperti tanaman padi pada umumnya, milik Giono ini juga membutuhkan pengairan secara teratur, saat kapan padi harus diairi, begitu pula sebaliknya kapan tanaman padi harus dikurangi airnya.

Foto : Pendim 0815 Mjk
Foto : Pendim 0815 Mjk
"Jika proses tersebut dilakukan secara tepat dan benar, maka tanaman padi akan tumbuh dan berkembang secara normal dan maksimal sehingga diharapkan dapat meningkatkan hasil produksi pertanian," pungkas Serma Sugeng.

Sementara, Giono mengucapkan terima kasih kepada Babinsa yang telah banyak membantu para petani di Dusunnya.  "Mudah mudahan dengan adanya pendampingan dari Babinsa ini, program untuk mensukseskan swasembada pangan bisa terwujud," ungkapnya penuh harap.