Mohon tunggu...
Ria Utami
Ria Utami Mohon Tunggu... Blogger

Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian.” ― Pramoedya Ananta Toer

Selanjutnya

Tutup

Media Pilihan

Kebaikan Itu Berawal dari Media Sosial

15 April 2019   16:25 Diperbarui: 15 April 2019   16:57 34 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Kebaikan Itu Berawal dari Media Sosial
Keseruan diskusi bareng Semen Indonesia. Foto: @infogresik

Kalau saya ditanya, perbuatan baik apa yang kamu lakukan hari ini? Waduh, mikirnya sampai berjam-jam. Bisa-bisa berujung dengan jawaban, ''Apa yaa....mmm...."

Kadang, kita nggak sadar ada beberapa perbuatan kebaikan yang dilakukan. Misalnya, sharing informasi kemacetan di jalan atau memberi tempat duduk untuk ibu-ibu tua saat antre di bank. Kecil sih. Tapi bisa jadi bermakna bagi orang lain. Itulah yang harus terus dipertahankan. Bagaimana kita membangun kebaikan-kebaikan dari hal-hal sepele.

Berangkat dari komitmen Together we build a better future, Semen Indonesia mengundang Kompasianer serta sejumlah komunitas yang berada di Gresik, Surabaya, dan sekitarnya untuk #membangun kebaikan bareng tiga pembicara keren antara lain travel writer Trinity, founder @infogresik Muhammad Irwan, dan Kepala Biro Komunikasi PT Semen Indonesia Sigit Wahono.

Keseruan diskusi bareng Semen Indonesia. Foto: @infogresik
Keseruan diskusi bareng Semen Indonesia. Foto: @infogresik

Di acara yang berlangsung pada 11 April itu, ketiga pembicara tersebut mengupas soal media sosial. Lho, apa hubungannya media sosial (medsos) dengan kebaikan? Bukannya medsos akhir-akhir ini jadi sumber berita bohong dan ujaran kebencian?

Eits tunggu dulu. Justru melalui medsos, Trinity, Irwan, dan Sigit rajin berbagi mengenai hal-hal positif. Bahkan, postingan mereka sarat dengan informasi dan menginspirasi banyak netizen.

Trinity misalnya. Travel writer ini sejak 2005 sudah konsisten menulis perjalanannya ke berbagai negara dan destinasi wisata dalam blog-nya, naked-traveler.com. Sampai saat ini sudah 89 negara dia kunjungi. *applause*.

Cerita mengenai perjalanannya yang dikemas dengan bahasa yang renyah, bikin penikmatnya terus menunggu postingan berikutnya. Ditambah lagi deskripsinya yang kuat akan sebuah tempat, jadi magnet buat pembaca untuk mengunjungi lokasi itu.

Tulisannya pun sarat dengan informasi selama perjalanan. Misalnya, apa aja yang bisa dilakukan saat menunggu lama di airport, memilih transportasi murah di sebuah negara, sampai menghemat budget liburan. Satu lagi yang membuat saya kepincut sama blog-nya Trinity, destinasi yang ditawarkan selalu antimainstream.

Percaya nggak, saya baru tahu ada negara bernama Seychelles, Afrika, ya dari naked-traveler. Bahkan, saya ikutan bikin blog soal traveling dengan anak ya dari blog-nya mantan MMK (mbak-mbak kantoran)-sebutan Trinity ketika masih kerja kantoran-itu. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x