Mohon tunggu...
Muhammad Zaenuddin
Muhammad Zaenuddin Mohon Tunggu... Ilustrator - Anak Malas

Penulis paruh waktu, kadang-kadang jadi desainer grafis.

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

Soto Kudus Pakualaman

17 Maret 2020   15:08 Diperbarui: 17 Maret 2020   15:34 435
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Saya ingin sekedar cerita soal  tempat makan soto Kudus di daerah Pakualaman. Saya tidak terlalu berpengalaman atau banyak mencoba soal kuliner. Selain karena tidak hobi makan, saya juga tidak punya banyak duit untuk mencoba banyak kuliner ini itu. Ini saya tulis karena menurut saya suasana tempat makannya menarik.

Warung Soto Kudus ini lokasinya di jalan Sultan Agung, sekitar 150an meter arah baratnya Kraton Pakualaman. Nanti ada di sisi utara jalan, ada tulisan Soto Kudus seperti foto di atas. Saya mampir ke soto Kudus ini setau saya bukan tempat makan yang terkenal atau gimana. Tapi karena seneng aja sama tempatnya.  Tapi tempat ini lumayan menarik, walaupun gak begitu luas, ada pernak pernik interiornya yang bikin bagus. Selain itu, ada tempe gorengnya yang enak, bikin nagih.

Sama seperti warung soto, sop, ato mie ayam pada umumnya, di warung soto Kudus Pakualaman ini juga menyediakan makanan pendamping tambahan, semisal sate, perkedel, kerupuk dan salah satunya tempe goreng. 

Saya senang sama tempe gorengnya, biasanya ketika makan soto saya tidak begitu suka pakai tempe, tapi di sini enak aja tempenya. Oh ya Soto Rembang yang di belakang Bale Bebakaran UNY juga tempenya enak, cuma kurang kriuk. Kalo ada yang baca postingan ini trus mau mampir ke soto Kudus ini, coba deh tempenya.

Untuk tempatnya sendir, prabotannya pakai meja kursi kayu dan tidak ada lesehan. Dalamnya rapi, terus interiornya menarik, ada speda klasik mini yang digantung di tembok, kira-kira ada 4 atau 5 sepeda. Ada juga beberapa pajangan lain, misalnya replika pesawat perang jadul, dan ada beberapa pajangan bingkai. Suasananya ada aura sok klasik gitu sih.

Sebelumnya saya pernah ke sini satu kali, tapi belum coba tempenya. Karena memang saya kurang suka makan soto pakai tempe. Kemarin ke sini lagi sama teman. Untuk harganya juga standar, mulai 10ribuan, bisa pilih campur atau pisah. Mangkuknya juga lucu, mungil. Padahal kalo gede seperti mangkok ramen, mungkin bisa lebih mantap. Tapi mungkin harus tambah duit lagi.

Kesimpulannya, Soto Kudus ini tempatnya bagus, sotonya juga pas di lidah saya. Terus saya sendiri menganggap kalau soto ini enak dinikmati ketika sekedar mau makan santai, karena porsinya yang tidak begitu banyak. Jadi kalo saya sedang lapar sekali, mungkin saya tidak ke sini. 

Hanya saja, ini subjektif ya, setiap orang beda-beda, mungkin sudah ada yang kenyang dengan porsi segitu. Dan kalau pun saya lapar sekali dan ingin sekali makan soto ini, tinggal nambah porsi saja. Tadi masalah rasa juga subjektif, saya juga tidak bisa menjelaskan terlalu jauh, karena saya memang bukan pengamat dan spesialis kuliner.

Sekian saja artikel ini, semoga bermanfaat :)

Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun