Mohon tunggu...
Juwita Hasanah
Juwita Hasanah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswi pada program studi Pendidikan Guru MI

Membahas seputar dunia Pendidikan.

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Rendahnya Kualitas Pendidikan di Indonesia

28 Juni 2022   10:04 Diperbarui: 28 Juni 2022   10:15 210 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Di era yang sekarang ini begitu banyak menyaksikan dan berjumpa dengan kejadian yang marak menjadi bahan perbincangan dalam lingkup masyarakat, maupun secara nasional tentang perilaku atau karakter dari sebagian orang yang dapat dikatakan menyimpang dari dunia pendidikan bahkan agama. 

Banyak berita, baik di sosial media maupun televisi yang membahas mengenai kasus korupsi, tawuran antar pelajar, narkoba, bahkan yang saat ini terjadi yaitu kejahatan seksual yang tidak memandang umur, waktu, tempat, dan kapanpun serta pada siapapun bisa terjadi. 

Kejadian tersebut sebetulnya sangat berhubungan erat dengan dunia pendidikan, terutama dalam lingkup pendidikan karakter. Hal tersebut juga menjadi bukti nyata bahwasannya di ruang lingkup masyarakat bahkan umumnya di Indonesia sedang mengalami penurunan karakter yang juga disebabkan oleh rendahnya kualitas pendidikan di Indonesia itu sendiri.

Adanya sistem pendidikan yang tidak merata menyebabkan masyarakatnya tidak dapat menerima pendidikan yang merupakan haknya. Selain itu sistem pendidikan yang lemah pula menjadi salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya penyimpangan-penyimpangan yang demikian. 

Tidak hanya itu, terdapat juga beberapa masalah yang mendasar dimana men gakibatkan ketidakseimbangan antara tujuan dari sistem pendidikan dengan pengaplikasiannya di lapangan sehingga berimbas pula pada proses pembelajaran yang berlangsung.

Jika dilihat dari fungsinya, pada hakikatnya pendidikan itu merupakan sebuah sarana bagi manusia agar dapat menyalurkan potensi yang dimilikinya melalui proses pembelajaran. 

Selain itu juga pendidikan merupakan tempat bagi seseorang untuk mendapatkan pengetahuan yang sebelumnya tidak ia ketahui sampai akhirnya bisa memahaminya yang kemudian dapat mendorong dirinya untuk menjadi generasi yang berkualitas dan bermanfaat bagi nusa dan bangsa. Oleh karena itu dibutuhkan pengaturan dan strategi sebagai upaya untuk mengatasi masalah yang terjadi pada pendidikan di Indonesia.

Pendidikan menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Melalui pendidikan seseorang dapat mengembangkan potensi dirinya. 

Pendidikan diartikan sebagai usaha pengajaran atau pembimbingan yang dilakukan secara kesengajaan sehingga dapat menghasilkan sumber daya manusia yang unggul, bertanggung jawab, dan mandiri. 

Pendidikan dapat memberikan pengaruh bagi kehidupan manusia dalam proses pertumbuhan melalui pengalaman belajar yang berlangsung. Sedangkan secara umumnya pendidikan memiliki pengertian berupa suatu usaha atau kegiatan yang dilakukan di sekolah sebagai salah satu lembaga pendidikan.

Akan tetapi yang terjadi saat ini, pendidikan di Indonesia mengalami penurunan yang berdampak pula pada sumber daya manusianya. Indonesia menjadi salah satu negara yang tertinggal dari negara lainnya disebabkan oleh rendahnya kualitas sistem pendidikan yang dianut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan