Mohon tunggu...
Ana Balqis Aliifah
Ana Balqis Aliifah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Fearless

Communication Studies at Universitas Muhammadiyah Yogyakarta

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

KKN Reguler IT UMY 2021, Bantu Bangkitkan UMKM Dusun Ngentak

23 September 2021   18:17 Diperbarui: 24 September 2021   01:35 44 2 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
KKN Reguler IT UMY 2021, Bantu Bangkitkan UMKM Dusun Ngentak
Foto bersama mitra UMKM dan mitra PKK Dusun Ngentak ketika Penarikan KKN IT UMY 094 pada 12 September 2021/dokpri

Yogyakarta - Pada 7 September 2021 Kuliah Kerja Nyata Reguler UMY berbasis IT semester ganjil 2021/2022 telah serentak selesai diselenggarakan. UMY menarik 156 kelompok yang tersebar di seluruh Daerah Istimewa Yogyakarta dan beberapa daerah di Jawa Tengah.

KKN IT Kelompok 094 menjadi salah satu kelompok yang melakukan pengabdian pada semester ini. Mendapatkan penempatan di Dusun Ngentak, Kelurahan Bangnkerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman dengan mengangkat tema “Digitalisasi UMKM Dusun Ngentak Sebagai Sarana Peningkatan Pemasaran Mitra UMKM Pada Masa Pandemi Covid-19”.

Masa pengabdian yang didampingi oleh Nyka Dwi Febria, drg., M.Med. Ed telah berlangsung selama kurang lebih satu bulan. Terhitung sejak tanggal 12 Agustus hingga penarikan pada 12 September 2021. Telah berhasil mendobrak UMKM Dusun Ngentak untuk bangkit dari kondisi terpuruk akibat pandemi COVID-19. Ada 3 mitra UMKM yang mendapatkan pendampingan, diantaranya UMKM Sayap Barokah & Candra Teknik, UMKM Rumah Iwak Lestari, dan UMKM Telur Asin Barokah. 

Mereka diberikan edukasi dan bimbingan berkala terkait pembuatan banner UMKM, pembuatan kartu nama, pembuatan flyer, pembuatan logo produk, pembuatan variasi packaging produk, pembuatan sosial media, pendaftaran E-commerce, pengambilan foto produk, pembuatan Whatsapp marketing, sosialisasi pembukuan, pertemuan bimbingan sharing antar usaha, dan pembuatan PIRT.

Selain bermitra dengan 3 UMKM, kelompok KKN IT 094 juga bermitra dengan organisasi masyarakat PKK Dusun ngentak. Memberikan 6 program kerja meliputi pembuatan profile PKK, lomba memasak untuk ibu-ibu, lomba menggambar dan mewarnai untuk anak-anak, pengadaan dusun, sosialisasi seminar tentang SDGs, serta edukasi melalui leaflet tentang Dagusibu, COVID-19, dan pemandian jenazah. 

KKN IT 094 juga menjalankan 4 program bantu untuk mitra PKK diantaranya Posyandu balita dan pembagian vitamin A, kegiatan arisan, kerja bakti masyarakat, dan pemberian banner sampah untuk TPS 3R KPSM Limbah Makmur.

“Dengan adanya program ini diharapkan UMKM dan organisasi masyarakat terpilih dapat mengoptimalkan lagi sumber daya yang dimilikinya dan bangkit dari kondisi terpuruk akibat pandemi”, ujar Lalu Jeffrey Alim Wahtum selaku Ketua KKN IT 094.

“Adanya program yang KKN UMY berikan, kami jadi tahu bagaimana pemasaran makanan dan branding secara online. Dari yang sebelumnya belum punya logo, nama usaha juga strategi bisnis, akhirnya kami sekarang mengetahui. Sangat banyak yang terbantukan bagi kami. Pesannya semoga apa yang jadi usaha KKN IT 094 membawa kebaikan dunia dan akhirat, berdampak positif bagi kita semua, dan menjadi pengalaman yang bagus di kehidupan masyarakat, ujar Bu Sulis selaku pemilik UMKM Rumah Iwak Lestari.

Kepala Dukuh Dusun Ngentak Budi Hartono mengatakan, terima kasih kepada KKN UMY yang telah membantu program-program PKK maupun UMKM di Ngentak. Walaupun masih pandemi COVID-19 dan keterbatasan mobilitas serta tatap muka ternyata bisa menyelesaikan program yg telah direncanakan secara maksimal dan sangat bermanfaat.

Secara garis besar program pengabdian KKN IT 094 bertujuan untuk menciptakan strategi marketing dan branding yang tepat serta penjualan produk UMKM di wilayah Dusun Ngentak. Serta meningkatkan pengetahuan anggota PKK mengenai perempuan, kesehatan dan pandemi COVID-19. Semoga semangat bangkit yang dimiliki setiap mitra dapat berkelanjutan meskipun sudah tidak ada pendampingan berkala dari pihak KKN.

Mohon tunggu...
Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan