Mohon tunggu...
Akbar Muhibar
Akbar Muhibar Mohon Tunggu... Blogger & Vlogger

Penyuka seni suara dan seni membaca terbalik. Saat ini juga menjadi penulis di akbarjourney.com dan vlog akbarjourney.

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan Artikel Utama

Makanan Lokal Ternyata Senjata Ampuh Terapkan Isi Piringku

28 Oktober 2019   22:35 Diperbarui: 29 Oktober 2019   09:43 583 6 0 Mohon Tunggu...
Makanan Lokal Ternyata Senjata Ampuh Terapkan Isi Piringku
Nasi jagung khas Gorontalo dalam komposisi Isi Piringku. (Foto: Akbarmuhibar)

Penerbangan selama 5 jam dengan satu kali transit di Makassar, tidak menyurutkan saya mengunjungi Gorontalo. Provinsi yang berada di utara pulau Sulawesi memiliki ciri khas dataran yang panas dan kering, serta menyimpan berbagai kekayaan alam disertai dengan kuliner yang luar biasa. 

Kunjungan yang saya lakukan pada Juli 2018 ini, mempertemukan saya dengan berbagai kejutan yang tidak biasa yaitu nasi jagung.

Nasi jagung? Mungkin banyak orang yang sudah lumrah mendengarnya, namun tidak untuk saya. Saat makan siang, saya memberanikan diri bertanya pada masyarakat lokal. Mengapa mereka mengkonsumsi nasi jagung? 

Ternyata, Gorontalo merupakan penghasil jagung yang terkenal dan subur, masyarakat sangat terbiasa menikmati nasi jagung sebagai makanan pokok sehari-hari. Bahkan nasi jagung sendiri dimanfaatkan dengan baik untuk menyukseskan program pemerintah, yaitu Isi Piringku. 

Pangan lokal menjadi senjata sukseskan Isi Piringku. (Foto: Akbarmuhibar)
Pangan lokal menjadi senjata sukseskan Isi Piringku. (Foto: Akbarmuhibar)

Isi Piringku

Isi Piringku sendiri merupakan panduan makan sehat yang mengkombinasikan makanan pokok seperti nasi atau makanan pokok sesuai daerah masing-masing, lauk, sayur serta buah. 

Selain itu pola makan ini harus dikombinasikan juga dengan air minum, aktivitas fisik minimal 30 menit, dan cuci tangan pakai sabun supaya terhindar dari penyakit. Tujuannya? Supaya kita makan itu tidak hanya rasa kenyang saja, tapi puas dengan citarasanya dalam satu porsi makan. 

Mengonsumsi makanan yang beragam juga membantu kita untuk memenuhi gizi tubuh, karena mereka bermanfaat sesuai fungsinya masing-masing. 

Tentu kita ingat fungsi karbohidrat sebagai sumber tenaga, protein sebagai zat pembangun, lemak sebagai cadangan energi serta pelarut vitamin ADEK, serta vitamin & mineral untuk menjaga daya tahan tubuh. Nah, dengan Isi Piringku, diharapkan semua ada dalam satu piring makanan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Dr.Putu menjelaskan Isi Piringku pada peserta Danone Blogger Academy 3. (Foto: Akbarmuhibar)
Dr.Putu menjelaskan Isi Piringku pada peserta Danone Blogger Academy 3. (Foto: Akbarmuhibar)
"Kalau makan itu harus ada gizi seimbang, jadi kita memenuhi gizi tubuh yang diperlukan dengan aneka jenis makanan," ujar dr. I Putu Suiraoka, M.Kes, dosen dari Politeknik Kesehatan Bali

Dalam satu piring Isi Piringku, dr. Putu menyarankan ada 550 gram hingga 600 gram makanan yang terdiri dari makanan pokok 200 gram, lauk 50 gram hingga 100 gram, sayuran 200 gram, dan buah-buahan 100 gram. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x