Mohon tunggu...
Kkn darring 38
Kkn darring 38 Mohon Tunggu... UIN SUMATRA UTARA

KKN DR 38

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Manfaat bersepeda ditengah covid- 19 dengan mengikuti peraturan kebijakan pemerintah

8 Agustus 2020   01:58 Diperbarui: 28 Agustus 2020   17:22 53 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Manfaat bersepeda ditengah covid- 19 dengan mengikuti peraturan kebijakan pemerintah
capture-2020-08-12-12-28-52-5f33827c097f367cd87c7633.jpg

Dilansir dari Kompas.com pada tanggal 25 juli 2020, Sejak diumumkan pertama kali adanya pasien positif Covid-19 pada 2 Maret lalu, penyebaran virus corona di Indonesia masih belum menunjukkan adanya tanda-tanda penurunan. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sudah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena penyakit ini telah menyebar ke lebih dari separuh negara di dunia. Sebaran data covid 19 pada tanggal 05 Agustus 2020, di Indonesia telah mencapai 116.871 Kasus Positif Covid 19. Pemerintah telah sepakat menetapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) disebagian kota di Indonesia untuk menekan laju penyebaran Covid-19.

PSBB membuat banyak masyarakat menjadi lebih kreatif selama dirumah seperti menemukan hobi baru. Bersepeda adalah alternatif hobi baru yang digunakan sebagian orang untuk olahraga. Maraknya tren bersepeda menjadikan harga sepeda tentunya mahal, dan semua orang berbondong-bondong membelinya. Untuk sebagian orang ketika masa pandemi seperti  ini menjadikan malas untuk bergerak maupun olahraga. Padahal olahraga memiliki banyak manfaat seperti mengurangi stres, membuat tubuh menjadi fit, membantu menunda proses penuaan, meningkatkan kemampuan otak, menjaga berat badan tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Bersepeda adalah cara ampuh olahraga ditengah pandemi seperti ini. Mengingat bersepeda hobi yang terbilang ekonomis untuk kantong. Tidak hanya itu, bersepeda juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita di masa pandemi ini yang mengharuskan kita untuk tetap menjaga berat badan ideal.

Lalu apa saja manfaat ketika bersepeda untuk tubuh kita?

1. Mengendalikan berat badan

Bersepeda adalah cara yang baik untuk mengendalikan atau menurunkan berat badan, karena bersepeda dapat meningkatkan tingkat metabolisme, membangun otot, dan membakar lemak tubuh. Bersepeda membantu Anda untuk memastikan bahwa pengeluaran energi Anda lebih besar daripada asupan energi, karena Anda membakar kalori saat sedang bersepeda. Tentunya saat bersepeda Anda harus mengatur pola makan yang sehat. Berapa banyak kalori yang Anda bakar saat bersepeda akan bergantung pada berapa lama, berapa jauh, dan berapa cepat Anda bersepeda. Namun sebuah studi telah menemukan bahwa manfaat bersepeda setengah jam setiap hari akan membakar hampir lima kilogram lemak lebih dari setahun.

2. Mengurangi risiko penyakit jantung dan pembuluh darah

Bersepeda secara teratur dapat merangsang dan memperbaiki jantung, paru-paru, sirkulasi darah, dan mengurangi risiko penyakit kardiovaskular. Bersepeda akan memperkuat otot jantung dan mengurangi kadar lemak dalam darah. Hal ini dibuktikan dalam studi di Denmark yang menunjukkan bahwa orang yang bersepeda secara rutin akan terpelihara dari penyakit jantung di usia tua.

3. Mengurangi risiko kanker

Jika Anda mempertahankan pola makan yang sehat dan bersepeda secara teratur, maka hal tersebut akan membantu Anda dalam mengurangi risiko kanker. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Journal of American Medical Association menunjukkan bahwa orang yang memiliki tubuh bugar, bahkan di usia tua, berisiko lebih rendah untuk terkena kanker paru dan kanker kolorektal. Studi lain juga menunjukkan bahwa manfaat bersepeda secara teratur dapat mengurangi risiko kanker usus dan payudara.

4. Mengurangi risiko diabetes

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x