Mohon tunggu...
Amri Sukmawan
Amri Sukmawan Mohon Tunggu...

Selalu berdoa agar Hijrah yang Istiqomah, pemerhati perpolitikan DN & LN - mendapat ilmu formal di Perguruan Rakyat dan Syarikat Oesaha Islam. Semoga tulisan Amri bermanfaat untuk NKRI dan Islam.

Selanjutnya

Tutup

Politik Pilihan

Kembalikan Roh Pasal 33, Tarik Menarik Arcandra (Mungkin) jadi Menteri ESDM Lagi

16 September 2016   01:09 Diperbarui: 21 Juli 2018   23:18 0 1 2 Mohon Tunggu...

Pepatah mengatakan Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung, sebaiknya perantau memegang nasehat para Orang Tua. Walaupun pepatah dimaksud sebatas menghormati adat istiadat setempat kadang gamang juga pada akhirnya harus pindah KTP bahkan pindah kewarganegaraan, pilihan sulit bagi siapapun.

Misteri Archandra mantan Menteri ESDM soal kewarganegaraan ganda yg dimana di negara seperti Amerika Undang-Undang disana membolehkan. Alasan kuat apa yg membuat Arcandra aseli orang Padang (sebutan dirantau bagi orang asal dari ranah Minangkabau). Mengambil sumpah setia untuk negara Amerika, mungkin saja pertimbangan pribadi apakah soal pekerjaan atau keharusan agar bisa masuk ke akses-akses penting di negara adidaya tersebut.

Publik agak heran 20 tahun merantau ke belahan dunia belum pernah balik ke tanah air dan baru menginjakan kaki beberapa puluh jam sebelum dilantik. Tapi bagi perantau Minang hal lumrah karena umumnya pulang kampung sudah jadi orang istilah untuk perantau yang berhasil mendapatkan titel sarjana dan punya uang untuk bagi-bagi ke sanak famili di tanah kelahiran. Malu rasanya belum jadi orang untuk pulang kampung begitu pemikiran umumnya anak rantau. Dipenghujung tahun 1990 an ada tradisi pulang basamo yaitu pulang kampung bersama perantau lainnya, yang semangat pulang kampung tentu yang sudah jadi orang.

Dirunut kiranya bukan soal penghianatan atau tidak etis bahkan disebut tidak nasionalis, adanya kekurang pahaman dari lapisan masyarakat bagi perantau pilihan untuk adaptasi di tempat berpijak hidup suatu keharusan yg pilihan sulit akhirnya pindah kewarganegaraan. Jangan kan pindah kewarganegaran untuk pindah KTP saja kadang perantauan juga berat hati tapi situasi kondisi dan pepatah diatas pun berlaku jua.

Atau saking semangatnya sehingga penafsiran pepatah diatas jadi kebablasan, pindah kewarganegaraan.

Diterawang pemikiran Arcandra kenapa tidak sounding ke Istana soal paspor yang Amerika, disimak tahapan mulai dipanggil Jokowi yang kabarnya beberapa puluh jam sebelum dilantik sehingga penulis memperkirakan adanya pemikiran Arcandra untuk mengurus sendiri soal kewarganegaraan Amerika nya, Ini soal waktu saja, timing yang terlalu mepet antara dipanggil dan pelantikan dan ditelisik kewarganegaraan

Amerika akan gugur otomatis apabila warganya menerima jabatan di suatu pemerintahan lain. Mungkin saja Arcandra memerlukan berkas surat Keputusan pengangkatan Jabatan Menteri yang nanti akan diajukan ke pihak otoritas Amerika untuk secara formal administrasi sebagai dasar mengajukan kehilangan kewarganegaraan (certificate of loss of nationality).

Ulasan penulis sebagai berikut :

CASE A :

1. Arcandra Diambil Sumpah dan menerima surat Keputusan Pengangkatan Menteri

2. Surat Keputusan Pengangkatan Menteri diserahkan ke otoritas Amerika untuk mengajukan kehilangan kewarganegaraan (certificate of loss of nationality).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x