Mohon tunggu...
Amrina Fauziah
Amrina Fauziah Mohon Tunggu... Mahasiswi Pendidikan Matematika

Mari berpola pikir objektif

Selanjutnya

Tutup

Life Hack

Cara Buat Minyak Telon Rumahan dengan Efek Menenangkan Serta Terbukti Mengatasi Perut Kembung

22 Juni 2021   01:36 Diperbarui: 22 Juni 2021   02:07 264 2 0 Mohon Tunggu...

Siapa yang tak suka dengan aroma khas minyak telon?! Mendengar namanya saja pasti sudah terbayang kan kalau aroma minyak telon identik dengan aroma khas bayi, yaitu aroma yang dapat menenangkan. Siapa sangka.. ternyata minyak telon juga bisa digunakan untuk semua kalangan lhoo.. Contohnya minyak telon yang sudah aku buat ini.

Minyak telon merupakan gabungan kata dari minyak dan telon. Kata telon sendiri berasal dari Bahasa jawa yaitu telu yang artinya tiga. Jadi, minyak telon merupakan campuran dari 3 macam minyak yaitu minyak kelapa (Oleum Cocos), minyak kayu putih (Oleum Cajuputi) dan minyak adas (Oleum Anisi). Selain menggunakan ketiga bahan tersebut ada juga yang menambahkan sedikit aroma berbeda. Minyak telon yang berbeda ini biasa disebut sebagai minyak telon plus. Dari semua bahan yang terkandung dalam minyak telon plus yang sudah aku buat ini masing-masing memiliki manfaatnya.

  • Minyak Kelapa (Oleum Cocos)

Minyak kelapa yang terkandung dalam minyak telon merupakan minyak kelapa murni atau lebih dikenal dengan nama Virgin Coconut Oil (VCO). Minyak yang berwarna bening dan berbau harum ini diproses tanpa pemanasan dan tanpa bahan kimia. Dengan proses tersebut maka kandungan senyawa esensial tetap terjaga. Tak hanya itu, kandungan asam laurat yang terdapat dalam VCO ini memiliki sifat antibiotic, antibakteri dan anti jamur. Sehingga akan mempunyai daya simpan yang cukup lama. Oleh sebab itu, VCO ini merupakan bahan yang paling utama dalam proses pembuatan minyak telon. Dengan kandungan essensial yang sangat dibutuhkan oleh kulit, VCO akan mengurangi resiko iritasi yang terjadi pada kulit sensitive.

  • Minyak Kayu Putih (Oleum Cajuputi)

Minyak kayu putih merupakan hasil dari pengumpulan uap ranting pohon kayu putih. Di dalam minyak kayu putih terkandung senyawa kimia yang akan memberi rasa hangat ketika dioles pada kulit. Dan akan meredakan hidung tersumbat ketika mencium aromanya. Namun, penggunaan minyak kayu putih secara tunggal tidak disarankan untuk yang memiliki kulit yang sensitive. Oleh karena itu, VCO disini sebagai penolong anda agar dapat merasakan manfaat dari minyak kayu putih ini.

  • Minyak Adas (Oleum Anisi)

Minyak adas merupakan hasil penyulingan dari serbuk buah adas yang sudah kering. Minyak adas terbukti dapat mencegah serta mengatasi perut kembung yang sering terjadi pada bayi maupun orang dewasa. Sehingga perut akan kembali nyaman.

  • Bibit parfum white tea

Bibit parfum white tea adalah ekstrak atau sari minyak yang didapat dari pohon white tea yang diperoleh dengan proses penyulingan, ekstraksi atau perendaman.bibit parfum tersebut merupakan cairan asli yang belum dicampur dengan bahan lain seperti alcohol, air, fosfor atau jojoba. Aroma teh ini memberikan efek menenangkan dan memberikan sensasi refresh pada pikiran. Maka dari itu, aroma white tea disini yang akan menjadi variasi kita dalam pembuatan minyak telon plus ini.

Mau tau cara membuat minyak telon yang bisa menenangkan pikiran serta ampuh meredakan perut kembung?

dokpri
dokpri
Berikut ini cara membuat minyak telon aroma white tea sebanyak 100 ml:

Alat:

Suntikan

Botol

Bahan:

  • 60 ml VCO (Virgin Coconut Oil)
  • 20 ml Minyak kayu putih
  • 19 ml Minyak adas manis (oleum anisi)
  • 1 ml Bibit parfum white tea

Cara:

Ukuran 3:1:1

  • Masukkan 60 ml VCO
  • Masukkan 20 ml minyak kayu putih
  • Masukkan 19 ml minyak adas. Minyak telon pada umumnya memiliki kandungan minyak adas yang sangat sedikit sehingga efek penyembuhan perut kembung yang didapat juga akan sedikit. (berdasarkan pengalaman)
  • Yang terakhir, masukkan 1 ml bibit parfume white tea
  • Aduk atau kocok dalam botol hingga semua bahan tercampur rata

Jangan heran jika tidak berwarna bening seperti minyak telon pada umumnya. karena proses pembuatan di pabrik dan di rumah sangat berbeda ya..

Jika ingin digunakan pada bayi <3 bulan disarankan balurkan VCO terlebih dahulu.

Terimakasih

VIDEO PILIHAN