Mohon tunggu...
Muhtalif KH
Muhtalif KH Mohon Tunggu... Guru

Konselor

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Dia Juga Orangtua bagi Siswa

24 September 2020   23:40 Diperbarui: 24 September 2020   23:49 12 1 1 Mohon Tunggu...

Guru Bimbingan Konseling, tidaklah asing bagi para pelajar, bagi sebagian siswa Guru BK adalah polisi sekolah atau pengadilan bagi mereka yang melanggar atau melakukan hal-hal negatif.

Namun sebagian siswa menganggap Guru BK adalah sandaran yang tepat untuk mendapatkan kasih sayang jarang mereka dapatkan, anak usia sekolah sangatlah rentan mengahadapi masalah baik itu pribadi maupun sosial, siswa tak hanya butuh pendidikan yang mengarahkan keunggulan akademik tapi juga butuh rasa nyaman dalam menjalani proees belajar.

Siswa yang merasa sulit menerima materi pelajaran tidak semata faktor mereka tidak mampu tapi kadang mereka merasa tidak nyaman dengan keadaan pribadi atau sosial, maka dari situlah fungsi Guru BK sangat dibutukan.

Fungsi Guru BK berperan sebagai orang tua membantu siswa yang kesulitan menyesuaikan diri sehingga siswa merasa aman dengan dirinya. 

Guru BK sebagai pembimbing tidak hanya mendorong siswa menuntaskan pertumbuhan dan perkembangannya melalui bimbingan-bimbingan yang bersifat formal tapi juga informal seperti mengajak siswa mengobrol santai tentang masalahnya dengan begitu mereka tidak merasa canggung mengungkapkan masalah yang dialami, jika itu dilakukan maka akan timbullah kenyamanan untuk belajar...

Guru Bimbingan Konseling adalah pembimbing,pelindung dan pengayom bagi siswa, jadilah Guru BK yang baik dan santuy sehingga siswa akan merasa nyaman dengan tugas-tugas perkembangannya....

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x