Lihat ke Halaman Asli

Zidni Muflikhati

MAHASISWA BIOLOGI FMIPA UNS 2017

Mahasiswa UNS Laksanakan KKN Mandiri di Tengah Pandemi COVID-19

Diperbarui: 5 Juli 2020   13:00

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pembagian sabun cuci tangan dan selebaran Covid-19 keseluruh warga RT disertai dengan edukasi tentang Covid-19

Klaten (01/07/2020), Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo tetap melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di tengah pandemi Covid-19. KKN yang seharusnya dijadwalkan dilaksanakan pada bulan Juli-Agustus diajukan menjadi bulan Mei. Namun, pelaksanaan kegiatan KKN pada periode ini berbeda dengan kegiatan pada tahun-tahun sebelumnya. Metode pelaksanaan KKN pada pandemi Covid-19 ini dilaksanakan tidak berkelompok dengan cara mahasiswa melaksanakan programnya di tempat tinggal masing-masing. Program KKN yang semula dilaksanakan melalui pengabdian kepada masyarakat berubah menjadi sosialisasi dan edukasi pencegahan Covid-19. Setiap mahasiswa mendapat dosen pembimbing lapangan dan dipantau secara daring. Terdapat beberapa tema besar yang diusung dalam pelaksanaan KKN pada periode ini, salah satunya yaitu Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19.

Drono Rt01/02 Desa Drono, Ngawen, Klaten menjadi salah satu tempat lokasi KKN Covid-19 mahasiswa Biologi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS (Zidni Muflikhati) pada tanggal 15 Mei -- 30 Juni 2020 dengan tema Supporting Pemahaman Masyarakat terhadap Covid-19. Program yang telah dijalankan diantaranya yaitu 1.#WontenDalemMawon yang merupakan kegiatan berbagi informasi terkait COVID-19 melalui poster secara daring di grup RT dan melakukan evaluasi dengan kuis sederhana berhadiah sabun cuci tangan. Informasi yang diberikan berupa Pemahaman terkait COVID-19, Mitos dan Fakta COVID-19, Tips Tetap Sehat Selama Karantina, Pentingnya Memakai Masker dengan Benar, Etika Batuk dan Bersin, serta Cara Cuci Tangan dengan Benar; 2. Memberi mental support dan pemahaman COVID-19 kepada masyarakat, secara perorangan, yang terdampak COVID-19 disertai bantuan penyemprotan dalam bentuk bahan; 3. Membagikan sabun cuci tangan, dan selebaran edukasi COVID-19.

Selain program kerja tersebut, terdapat beberapa kegiatan lain yang ikut dilakukan diantaranya adalah melakukan penyemprotan desinfektan di setiap rumah warga RT.01/RW.02 dan jalan umum. Seluruh masyarakat Drono RT01/02 serta Bapak dan Ibu RT Desa ini sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dengan adanya program kerja yang diselenggarakan oleh mahasiswa KKN Covid-19 UNS. Hal ini dibuktikan dengan selalu merespon ketika diberikan informasi secara daring dan Ibu RT yang ikut serta dalam pembagian sabun cuci tangan kepada seluruh warga RT01/02 Drono. Diharapkan dengan adanya program KKN ini, masyarakat Dorno RT01/02 Drono, Ngawen, Klaten dapat memahami gejala, cara penularan maupun cara pencegahan sehingga dapat terhindar dari virus Covid-19.

Penyemprotan desinfektan di rumah warga dan jalan umum

Pembagian ember sabun cuci tangan untuk warga yang berhasil memenangkan kuis berhadiah seputar Covid-19




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline