Lihat ke Halaman Asli

Muhammad Asep Zaelani

Pekerja Sosial Perusahaan, NU dan Gusdurian

KTM Bukan Pabrikan Kaleng-kaleng

Diperbarui: 11 Agustus 2020   09:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

www.motor-plus.com

Pasca kemenangan Brad Binder di GP Ceko kemarin, pabrikan KTM menjadi buah bibir pecinta balap motor diseluruh dunia. Pasalnya, untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka tim pabrikan asal Austria itu bisa memenangi balapan di kelas premier.

Tentu banyak yang terkejut dengan kemenangan yang diraih oleh KTM, karena selama ini kejuaraan motogp biasanya hanya diperebutkan oleh 3 tim pabrikan saja yaitu Honda, Yamaha dan Ducati.

Sedangkan tim pabrikan lain seperti Suzuki, Aprilia dan KTM masih dianggap sebelah mata, kehadiran mereka di arena balap motogp hanya sebatas pelengkap dan tim penggembira.

KTM memang masih terbilang pendatang baru di balapan motogp. Mereka mulai masuk dan meramaikan peta persaingan di kasta tertinggi balap motor dunia ini di tahun 2017.

Namun sebenarnya KTM bukanlah pendatang baru di dunia balap, mereka punya prestasi dan pengalaman yang cukup bagus di ajang Moto3 dan moto2.

Sistem penjaringan pembalap sudah tersusun dengan rapih. Mereka mempersiapkan dan mempromosikan pembalap hasil didikan dari "akademi" yang mereka buat sendiri. 

Binder merupakan salah satu buah yang dihasilkan dari investasi panjang KTM. Sejak kelas moto3 dan moto2, Binder merupakan pembalap tim KTM.

Dari sisi motor, paket RC16 terus mereka kembangkan secara serius. Salah satu bukti keseriusannya mereka merekrut eks pembalap Honda Dani Pedrosa untuk membantu percepatan pengembangan motor.

Jalan bagi KTM memang masih sangat panjang, namun sinyal bahwa mereka akan jadi penantang serius di motogp sudah mulai terlihat. Bahkan selevel Valentino Rossipun meyakini bahwa KTM akan ikut meramaikan peta persaingan kejuaraan.

Paket motor yang semakin kompetetif yang didukung oleh para pembalap muda bertalenta memang akan menjadi ancaman serius bagi tim-tim lainnya.

Dan jangan pernah dilupakan bahwa tim motogp KTM berada dibawah naungan dinasti olah raga Red Bull yang sangat menggurita di dunia olah raga saat ini.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline