Lihat ke Halaman Asli

Raja Yusuf Alfian

Seorang Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam

Suku dan Bahasa yang Ada di Aceh Selatan

Diperbarui: 27 November 2020   11:04

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Sosbud. Sumber ilustrasi: KOMPAS.com/Pesona Indonesia

Aceh selatan, kabupaten ini terletak di bagian selatan Aceh yang beribukotakan tapak tuan dulunya kabupaten ini terbentang luas sampai ke Abdya dan Subulussalam tempat ini di kenal dengan tempat wisatanya yang sangat banyak dan dengan legendanya yang terkenal yaitu Tuan tapa.

Nah pada artikel ini penulis bukan ingin memberikan cerita tentang tapak tuan tapi penulis ingin memberikan sebuah info tentang beberapa suku yang hidup di Aceh selatan, sebenarnya suku di Aceh selatan ini kita bedakan dari penggunaan bahasa nya sendiri baik itu bahasa Aceh, bahasa jamee, dan Kluet,  baik untuk pertama yaitu:

1. SUKU ACEH
     Suku Aceh yaitu suku asli dari Aceh sendiri yaitu suku utama dari segala suku-suku yang ada di Aceh, suku ini menggunakan bahasa utama dari Aceh sendiri yaitu bahasa Aceh.
    Dan jika kita lihat dari pembagian wilayah bahasanya bisa kita simpulkan bahwa daerah yang menggunakan bahasa Aceh yaitu, Meukek, Labuhan haji secara keseluruhannya walaupun ada sedikit daerah ini yang menggunakan bahasa Aneuk jamee, Pasie raja, Kluet utara walaupun daerah ini menggunakan nama Kluet tapi banyak warga di sini yang menggunakan bahasa Aceh juga dalam percakapan sehari hari karna daerah ini merupakan titik temu seluru masyarakat dari berbagai daerah untuk melaksanakan jual beli, Kluet selatan sebagiannya, bakongan raya sampai ke Trumon raya.

2. SUKU ANEUK JAMEE
     Suku ini merupakan suku kedua yang ada di Aceh selatan suku ini identik dengan penggunaan bahasa seperti bahasa Minang yang kita kenal dengan bahasa jamee atau jamu yang bahasa nya agak mudah di mengerti karna agak ke indonesiaan.
      Jika kita lihat dari segi daerah yang menggunakan bahasa nya yaitu labuhan haji ada beberapa tempat dan dilanjutkan dengan Samadua, Tapak tuan yaitu ibukota dari Aceh selatan dan dilanjutkan dengan Kluet selatan tapi di Kluet selatan ini juga ada daerah yang menggunakan bahasa Aceh yaitu daerah Pasie lembang.

3. SUKU KLUET
     Suku ini merupakan suku yang berada ketiga di Aceh selatan suku ini menggunakan bahasa Kluet yang bisa dibilang agak susah untuk di mengerti oleh orang banyak.
     Jika di lihat dari daerah yang menggunakan bahasa Kluet tadi bisa kita bagikan yaitu daerah Kluet timur, Kluet tengah dan Kluet utara sebagian karna seperti di atas tadi Kluet utara ini merupakan tempat yang bahasa nya mempunyai beragam tapi jika menurut sejarah tempat ini merupakan lebih ke Kluet.

   Jadi sekian penjelasan kami tentang suku dan bahasa yang ada di Aceh selatan mohon maaf jika ada salah informasi dari penulis dan mohon di ingatkan di kolom komentar mari kita jaga budaya dan sejarah kita terima kasih.




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline