Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Mengenal "The X Factor" dalam Pengembangan Masyarakat

Diperbarui: 27 Februari 2019   20:30

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

dnaindia.com

Faktor-X

The X Factor atau faktor X dalam sebuah bisnis itu merupakan kesanggupan untuk menemukan cara-cara kreatif dan inovatif guna menambahkan nilai-nilai yang tidak tampak -nilai di luar dan yang tidak ada seorangpun dapat mengukurnya secara selintas, karena muncul begitu saja secara spontanitas.

Oleh karena munculnya cara-cara kreatif yang sangat efektif menambahkan nilai perusahaan secara keseluruhan, maka disebut sebagai faktor-X, faktor yang belum bisa diidentifikasi tetapi kehadiran dan dampaknya dirasakan dan nyata adanya.

The X-factor ini sering dianggap sebagai sesuatu yang dimiliki secara genetic oleh seseorang yang melakukannya. Dan sekarang ini menjadi trendi untuk dicari tahu darimana asal-usulnya, siapa tahu dapat diduplikasi bagi banyak orang sehingga perubahan situasi yang lebih baik dapat terjadi dalam kehidupan perusahaan, bahkan juga dalam kehidupan masyarakat.

Faktor-X, dapat difahami merupakan kemampuan menemukan cara bertindak lebih bermanfaat bagi pemangku kepentingan yang jarang ada orang lain sanggup melakukannya, sangat langka dan si pemilik faktor X dapat mempertahankan standar pelayanan tetap suatu yang istimewa.

Dalam kenyataannya, sejumlah pimpinan perusahaan di dunia ini yang memiliki kemampuan faktor-X itu, seakan-akan mereka terlahir dengan faktor seperti siluman ini, ditakdirkan, memiliki sifat kepemimpinan yang memiliki nilai lebih dibandingkan dengan pimpinan-pimpinan lain dalam banyak industri

Faktor-X, NLP dan LSM

Seperti biasanya, segala sesuatu yang menjadi misterius, faktor-X ini juga menjadi daya tarik kuat bagi para pakar untuk melakukan penelitian dan pengkajian terus menerus.

Perhatikan misalnya, dalam perkembangan ilmu Neuro Linguistic Programing (NLP), faktor X dipelajari lebih mendalam dan dapat dijadikan model percontohan. Di Indonesia model-model kepemimpinan yang memiliki faktor X seharusnya dibukukan, karena banyak pemimpin bisnis di negeri ini yang patut diikuti. Bisa diihat dan didaftarkan begitu banyak tokoh-tokoh bisnis yang Nampak memilik faktor-X ini. Untuk menyebut satu nama legendari adalah alm. Bob Sadino.

Di lingkungan organisasi Lembaga Swadaya Masyarakat atau lebih popular dengan nama LSM, banyak tokoh-tokoh yang sesungguhnya memiliki faktor-X ini, sehingga mampu membawa perubahan ditengah-tengah komunitas yang ada dengan keunikan dari aktifitas yang lakukan.

LSM - Comnunity Development Organization

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline