Lihat ke Halaman Asli

Dr. Yupiter Gulo

TERVERIFIKASI

Dosen, peneliti, instruktur dan penulis

Merayakan Kemenangan Kebangkitan Difabel Indonesia, Selamat Para Juara APG-2018

Diperbarui: 13 Oktober 2018   18:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

https://news.okezone.com/read/2018/10/13/337/1963592/jokowi-undang-atlet-asian-para-games-2018-di-istana-bogor

"Merayakan kemenangan adalah merayakan kehidupan sebagai refleksi makna kehidupan yang di anugerahkan oleh Tuhan yang Maha Kuasa yang dihargai dan diberi tempat yang mulia dan agung"

37 Emas

Malam ini, Sabtu 13 Oktober 2018, peseta olah raga APG-2018 atau Asian Para Games 2018 akan ditutup secara resmi setelah berlangsung selama beberapa hari selama ini  sejak tanggal 6 Oktober 2018. Walaupun tidak seheboh peseta Asian Games 2018 yang sebulan yang lalu baru berakhir, tetapi prestasi para peserta APG tidak kalah hebohnya dengan prestasi Asian Games 2018.

Hingga siang ini Indonesia telah mengumpulkan 135 medali, yang terdiri dari 37 emas, 47 perak dan 51 perunggu. Sebuah prestasi yang luar biasa yang mmbawa harum nama bangsa Indonesia. Sangat spektakuler, karena yang ditarget oleh pemerintah hanya 16 emas saja, malah mencapai 37 emas, dan masuk 8 besar yang dicapai masuk dalam 6 besar dari 33 negera peserta APG 2018 ini.

Ini sebuah capaian yang sangat menggembirakan dan menyemangati semua pihak. Tidak saja para pesertanya tetapi juga masyarakat Indonesia yang ikut menyaksikan bagaimana perjuangan para atletik APG dari Indonesia maupun dari seluruh Asian.

Merayakan Kemenangan

Dan hari ini semua peserta betul-betul merayakan atas kemenangan yang dipersembahkan bagi negeri ini, dengan perolehan medali yang jauh melampaui target yang diminta oleh pemerintah. Berbeda sangat jauh dengan capaian pada kompetisi Para Games yang diikuti selama ini, baik di level Asean Games, Sea Games dan bahkan Asian Para Games tahun tahun sebelumnya.

Menarik untuk diapresiasi tentang konsistensi dari janji pemerintah untuk memberikan hadiah kepada prestasi para peserta APG ini. Tidak ada bedanya dengan hadiah yang diberikan kepada peserta pada Asian Games 2018. Setiap peroleh medali Emas mendapatkan Rp. 1,5 miliard, Rp. 500 juta untuk perolehan medali perak, dan Rp. 250 juta untuk medali perunggu. Bahkana peserta yang tidak mendapat medalipun akan mendapatkan hadiah Rp. 20 juta. Tidak hanya itu, bagi setiap pemenang akan mendapatkan kesempatan untuk menjadi pegawai negeri atau pegawai pada Badan Usaha Milik Negara, BUMN.

Siang hari ini, sebelum penutupan peseta olah raga Asian Para Games 2018, di Istana Presiden di Bogor, secara simbolik Presiden RI, Joko Widodo menyerahkan hadiah kepada semua peserta.

https://nasional.kompas.com/read/2018/10/13/14323741/jokowi-apbn-yang-keluar-untuk-atlet-lebih-banyak-tapi-negara-tidak-rugi

Sebuah moment yang sangat penting dan berharga terutama bagi para peserta, tetapi juga pada bangsa ini, sebagai indikator kunci menghargai kehidupan yang Tuhan telah anugerahkan dan telah menghasilkan yang penting dan berharga bagi bangsa dan negara ini.

Tradisi merayakan kemenangan dalam kompetisi internasional dan juga dalam event nasional, atau bahkan dalam level apa saja, merupakan instrument budaya bangsa yang harus di dorong dan dikembangkan secara terus menerus dan berkembang sesuai dengan kemajuan yang dicapai.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline