Lihat ke Halaman Asli

Kereta Api Seribu Kenangan

Diperbarui: 30 September 2022   09:41

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Aktivitas penumpang di Stasiun Pariaman, 2019.Masih Belum berubah | sumber Ahsanuz Zikri/Wikipedia.org

Bagi anak sekolah seperti saya, kereta api Padang ke Pariaman adalah salah satu pavorit saya. 

Sebelum tahun tujuh puluhan, kereta api dari Pariaman ke Lb
Alung lebih dahulu dari bus.
Bukan karena cepat, tapi naik Bus ke Padang jalan memutar lebih jauh ke Sicincin. Melalui jalan ke Pauh Kambar yang lebih dekat tidak bisa karena ada sungai besar yang belum ada jembatan 

Banyak penumpang ke Padang naik kereta api ke Lubuk Alung lalu nyambung dengan Bus yang lewat dari Pariaman atau Bukittinggi lebih banyak agar lebih cepat. 

Kereta Api Sumatra Barat| Foto sumber budiharto.net.

Meski agak lambat lebih nyaman naik kereta api.  Bisa bawa sepeda dan dan sering (diakali) gratis naik kereta api. (kenakalan remaja.)

Caranya ketika kondektur memeriksa dari ujung, belum sampai keujung lain kereta sudah berhenti di stasiun singgahan.

Turun dari kereta api masuk ke gerbong penumpang yang sudah diperiksa. Cara yang kurang terpuji pada hal tiketnya relatif murah. 

 Tiket kereta api  dari kertas tebal yang dibolongi oleh kondektur dengan alat tanda sudah diperiksa. 

Terkadang juga diketahui, cukup bayar seharga karcis tanpa bukti ke kondektur. 

Biasa kondektur rajin tengok penumpang baru. Tapi tidak semua diperiksa kalau sudah dua kali.
Saya  pura pura sudah diperiksa dan naik turun kereta api dengan sigap.

Baju siap siap saja kotor karena bara halus  terbang dari asap uap kereta api batubara.

Waktu kecil sekali saya juga tinggal di stasiun besar Padang Panjang. Ini adalah persimpangan jalan kereta api ke Padang, Solok atau Bukittinggi. Stasiun  cukup besar saya kira. 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline