Lihat ke Halaman Asli

Yermia wijaya

My life is my adventure

Jangan Tertarik dengan Pesugihan, Mau Tau Kenapa?

Diperbarui: 23 Juni 2021   17:32

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilustrasi pesugihan (Sumber: bagusviddy.net)

Pesugihan adalah suatu cara untuk memperoleh kekayaan secara instan tanpa harus bekerja keras layaknya orang bekerja pada umumnya.Dalam prosesnya pesugihan adalah bentuk kerjasama perjanjian antara manusia sebagai pelaku pesugihan dengan makhluk gaib/jin/siluman.

Banyak jenis-jenis pesugihan dari pesugihan memelihara tuyul,pesugihan perkawinan dengan siluman ular,pesugihan kain kafan,pesugihan gunung kawi,pesugihan buto ijo ,pesugihan kera,babi ngepet,tikus ngepet,kelelawar ngepet dan masih banyak yang lainnya.

Lapangan pekerjaan yang semakin sempit, dan peluang usaha yang semakin susah membuat banyak masyrakat bingung. Keinginan untuk menjadi cepat kaya, nyatanya tidak didukung oleh keadaan ekonomi  masyarakat yang semakin susah. Alih-alih cepat kaya, nyatanya masyrakat banyak yang tercekik keadaannya secara ekonomi. 

Baca juga :Tak Perlu Pesugihan, Menulislah di Sini agar Dapat Penghasilan!

Hal inilah yang  terkadang membuat seseorang tidak lagi dapat bepikir jernih, segala macam cara akhirnya dilakukan untuk memenuhi kebutuhannya tersebut. Dari cara yang paling rasional yaitu dengan bekerja keras, sampai dengan cara yang paling tidak rasional seperti pesugihan.

Istilah gaib ini pun semakin dikenal, terutama di Indonesia. Cara gaib ini dianggap dapat mendatangkan kekayaan secara instan dan cepat, tanpa perlu bekerja keras. 

Banyak orang yang kemudian tergiur karena hasil dari pesugihan ini dianggap dapat memenuhi kebutuhan mereka atau bahkan lebih. Padahal dibalik hasil yang dijanjikan oleh pesugihan, sebenarnya terdapat bahaya yang siap mengancam pelakunya. 

Baca juga : Marketing Jitu Pesugihan Rawa Pening

Berikut bahaya dari pesugihan, yang akan buat kamu mikir 1000x

Tumbal hal yang terlihat wajib diberikan jika seseorang ingin melakukan pesugihan. Nyatanya 9 dari 10 pesugihan hampir selalu minta tumbal untuk dijadikan syarat.  

Pun jika tidak, ketika melakukan kegiatan pesugihan ini pun pasti memiliki resiko kematian yang sangat tinggi. Seperti pesugihan "babi ngepet", atau di Jawa Timur biasa disebut "celeng kresek". 

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline