Lihat ke Halaman Asli

Yanti Yohana sinambela

Universitas Pendidikan Indonesia

Penanggulangan Dampak Covid-19 di Bidang Pendidikan Melalui KKN tematik UPI 2021

Diperbarui: 26 Juli 2021   01:02

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Persebaran virus Corona yang massif di berbagai negara, memaksa kita untuk melihat kenyataan bahwa dunia sedang berubah. Kita bisa melihat bagaimana perubahan-perubahan di bidang teknologi, ekonomi, politik hingga pendidikan di tengah krisis akibat Covid-19. Perubahan itu mengharuskan kita untuk bersiap diri, merespon dengan sikap dan tindakan sekaligus selalu belajar hal-hal baru. Indonesia tidak sendiri dalam mencari solusi bagi peserta didik agar tetap belajar dan terpenuhi hak pendidikannya.  Sampai  1 April 2020, UNESCO mencatat setidaknya  1,5 milyar anak usia sekolah yang terdamapak Covid-19 di 188 negara termasuk 60 juta diantaranya ada di negara kita. 

Sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020 serta surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 yang berisi tentang pelaksanaan pendidikan di masa darurat penyebaran COVID-19. Dalam surat tersebut dijelaskan bahwa proses pembelajaran dilakukan melalui Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau sering kali dikenal pembelajaran Dalam Jaringan (Daring). Dengan harapan dapat membatasi interaksi fisik secara langsung guna menekan penyebaran virus agar tidak semakin meluas. 

Di tengah pandemi Covid-19 ini, sistem pendidikan kita harus siap melakukan lompatan untuk melakukan transformasi pembelajaran daring bagi semua siswa dan oleh semua guru. Kita memasuki era baru untuk membangun kreatifitas, mengasah skill siswa, dan peningkatan kualitas diri dengan perubahan sistem, cara pandang dan pola interaksi kita dengan teknologi.

Universitas Pendidikan Indonesia sebagai lembaga pendidikan, ikut berkontribusi untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran dan sistem pembelajaran pada masa Covid-19, dengan membuat program KKN tematik dengan tema pendidikan yang terdapat program-program yang dapat berkontribusi dalam pendidikan pada masa Covid-19, seperti : 

1. Penguatan pembelajaran daring.
2. Pendampingan pembelajaran daring siswa.
3. Pendampingan orang tua dalam membimbing anak melalui pembelajaran daring.
4. Mendesain, membuat, melengkapi dan menggunakan media pembelajaran daring.
5. Membantu administrasi guru secara daring.

Dengan program-program yang akan dilaksanakan pada KKN upi, diharapkan dapat berkontribusi untuk peningkatan  cara belajar yang efektif pada saat pandemi dan bisa memaksimalkan pembelajaran siswa di rumah. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline