Lihat ke Halaman Asli

Yan veraosmana

Glang-Glong Swasta

Pesanku Buatmu

Diperbarui: 18 Februari 2023   10:21

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Bola. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Pesan Ku Buat mu

Benahi dan perbaiki segalanya mulai dari sarana maupun bisnisnya. Perbaiki sistem dan pengelolaan semua jenjang kompetisi mulai dari belia sampai dewasa.

Perbaiki sistem managemen klub masing-masing. Terutama para suporternya serta jajaran managemen suporternya. Biar tak dimasuki bisnis kerusuhan distadion dan diluar stadion.

Karena sudah tidak jamanya kerusuhan yang mengatasnamakan tidak memiliki tiket masuk. Sudah tidak jamannya lagi para suporter melempari bus-bus pemain dengan batu. 

Lebih baik tidak ada liga atau kompetisi sepak bola. Kala para suporter masib suka berbuat onar seperti itu. Karena di dalam olah raga, kalah dan menang sudah biasa terjadi. Yang penting klub masih ada serta masih bisa mendapatkan keuntungan dari apa yang namanya pertandingan.

Lebih baik kejam kepada para suporter yang suka bikin kerusuhan. Karena hal itu memang sangat memalukan. Apalagi sampai terjadi korban nyawa. 

Bentuklah timnas dan jajaran pelatihnya bermental baja dan pantang menyerah. Berani menyerang untuk menang tidak berani bertahan untuk menang.

Hilangkan bisnis dukung mendukung pola-pola kecurangan karena orang per orang. Jadikan sistem kompetisi terbagi menjadi perwilayah. Lantaran negara kita adalah negara kepulauan, jelas tidak sama dengan daratan eropa. 

Begitu saja pesan ku




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline