Lihat ke Halaman Asli

Bhinneka

TERVERIFIKASI

PT. Bhinneka Mentaridimensi

Ketahui Spesifikasi "Power Bank" yang Aman bagi Penerbangan Anda

Diperbarui: 23 Maret 2018   16:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Foto: Bhinneka.com

Perkara pembatasan atau bahkan pelarangan membawa power bank berspesifikasi tertentu saat berpergian dengan pesawat terbang memang bukan isu baru. Secara internasional, topik ini sudah mengemuka sejak 2016 dan seakan masih luput dari perhatian khalayak umum di Indonesia.

Sampai akhirnya 9 Maret lalu, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Perhubungan mengeluarkan Surat Edaran (SE) Keselamatan Nomor 015 Tahun 2018 tentang besaran kapasitas power bank yang diizinkan dibawa dalam aktivitas penerbangan.

Masih banyak masyarakat yang awam terhadap peraturan ini. Muncul kebingungan dan keluhan, terutama para penumpang yang akan melakukan perjalanan wisata maupun bisnis. Sebab power bank telah menjadi salah satu "kebutuhan pokok" mereka dalam perjalanan. Terlebih lagi peraturan tersebut diterbitkan dengan istilah teknis yang berbeda, dibanding yang dipahami kebanyakan orang.

Secara komersial, masyarakat mengenali kapasitas power bank dengan satuan miliampere per jam (milliamp per hour-mAh). Sedangkan peraturan Kemenhub menggunakan satuan watt per jam (watt per hour-Wh). Sehingga perlu dihitung nilai setaranya.

"Powerbank atau baterai lithium cadangan tersebut harus ditempatkan pada bagasi kabin dan dilarang pada bagasi tercatat. Peralatan yang boleh dibawa hanya yang mempunyai daya per jam (watt-hour) tidak lebih dari 100 Wh. Sedangkan peralatan yang mempunyai daya per jam (watt-hour) lebih dari 100 Wh (Wh < 100) tapi tidak lebih dari 160 Wh (100 Wh 160) harus mendapatkan persetujuan dari maskapai dan diperbolehkan untuk dibawa maksimal dua unit per penumpang." Demikian dikutip dari laman resmi Direktorat Jenderal Perhubungan Udara (Ditjen Hubud) Kemenhub RI.

Masih dari sumber yang sama, peraturan ini dikeluarkan lantaran terjadinya kasus ledakan power bank dalam penerbangan pesawat di Tiongkok. Insiden yang berlangsung akhir Februari tahun ini tersebut, terjadi pada power bank yang ditempatkan dalam tas di bagasi kabin (di atas tempat duduk). Diduga kuat, ledakan terjadi karena tekanan udara pada kompartemen baterai.

Dengan demikian, para calon penumpang pesawat yang ingin membeli atau membawa power bank harus memerhatikan betul kapasitas yang akan dibawa. Berikut adalah beberapa hal yang patut diperhatikan.

- 100 Wh = 20.000 mAh

Secara matematis, cara menghitung penyetaraan mAh ke Wh adalah mAh diubah ke Ah, lalu dikali voltase.

Dari contoh di atas, 20.000 mAh = 20 Ah (dibagi 1.000). Lalu dengan voltase standar 5 V, maka 20 mAh x 5 V = 100 Wh. Dengan demikian, power bank berkapasitas 20.000 mAh tergolong aman untuk penerbangan.

- Mencantumkan Semua Satuan

Power bank dengan merek populer biasanya akan menampilkan spesifikasi secara lengkap. Angka satuan mAh memang cenderung tercetak lebih besar, tetapi tetap dilekatkan dengan satuan dalam Wh. Jadi pengguna cukup memerhatikan angka tersebut yang biasanya tercetak di bagian bawah power bank.

anker-powercore1-5ab4842ebde5754d04295002.jpg

Mengapa power bank berkapasitas 20.100 mAh di atas tertera memiliki 72.36 Wh? Kemungkinan besar karena tenaga yang efisien dikeluarkan power bank saat digunakan tidak sampai 100 persen. Berbeda dengan arus listrik langsung dari steker.

- Dilengkapi cip pengaman

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline