Lihat ke Halaman Asli

Wildan Pranoto

Penulis amatir

Basket, dari Dulu hingga Kini

Diperbarui: 21 Februari 2020   08:53

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Olahraga. Sumber ilustrasi: FREEPIK

Olahraga basket adalah olahraga bola tangan yang dimainkan berkelompok yang terdiri dari dua tim beranggotakan masing-masing lima orang. Tujuan dari permainan ini adalah mencetak angka (poin) sebanyak banyaknya dengan cara memasukan bola ke dalam keranjang musuh. 

Sejarah permainan ini terbilang cukup unik, karena basket diciptakan secara tidak sengaja oleh seorang guru olahraga di negara Amerika Serikat pada tahun 1891,nama penemunya adalah Dr. James naissmith. Ia mengajar disalah satu sekolah wadah pemuda Kristen di Springfield, Massachusetts. 

Pada saat itu, ia sedang membuat permainan di dalam ruangan untuk hiburan siswa selama libur musim dingin di New England. Ia membuat permainan ini terinspirasi dari permainan masa kecil Dr James. 

Naissmith menciptakan olahraga basket pada 15 Desember 1891. Liga bola basket yang ada di Amerika bernama NBA (National Basket Association) . Liga ini adalah Liga yang sangat bergengsi. Ada sekitar 30 tim yang bertanding di liga ini yang berasal dari penjuru negeri paman Sam. Sedangkan Liga basket duni disebut FIBA world Champion. 

Jadi kesimpulannya adalah permainan bola basket merupakan berkelompok yang tujuannya mencetak angka sebanyak-banyaknya dan diciptakan oleh Dr James naissmith. 




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline