Lihat ke Halaman Asli

Best Practice Metode Star Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas X Pada Materi Descriptive Text dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning

Diperbarui: 5 Oktober 2022   08:46

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Kondisi yang menjadi latar belakang masalah dilakukannya praktik ini adalah kurangnya motivasi siswa dalam pembelajaran Reading Comprehension khususnya pada materi Descriptive text adalah

 1. Kurangnya penguasaan materi oleh guru.

 2. Pemahaman model-model pembelajaran inovatif yang masih terbatas. 

3. Rendahnya komitmen guru menerapkan model-model pembelajaran inovatif.

 4. Guru tida mengupgrade ilmunya dengan mengikuti pelatihan-pelatihan.

 5. Kurangnya motivasi siswa karena pembelajaran yang tidak menarik dan menyenangkan. 

Kondisi ini disebabkan oleh guru yang tidak punya keinginan untuk belajar dan mengembangkan potensi dirinya. Kebiasaan yang hanya menggunakan metode ceramah, sehingga guru berpendapat yang penting materi tersampaikan, tanpa mempedulikan apakah pembelajaran yang disajikan tersebut menyenangkan apa tidak? Atau apakah siswa sudah paham dengan penyampaian materi oleh guru atau belum. Ditambah dengan kurangnya keahlian guru dalam mengoperasikan teknologi, sehingga pembelajaran berlangsung tanpa adanya sentuhan TPACK.

Praktik ini perlu dibagikan agar menjadi motivasi bagi diri saya pribadi dan sebagai referensi bagi bapak ibu guru yang lain dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran Peran dan tanggung jawab saya dalam praktik ini adalah sebagai seorang guru kita harus mampu mengidentifikasi setiap permasalahan yang terjadi di dalam kelas, baik dalam memahami karakteristik peserta didik, penggunaan model, metode, dan media yang tepat yang dapat menciptakan pembelajaran yang menyenangkan dan membuat siswa aktif sehingga mereka mudah memahami materi yang disampaikan dalam pembelajaran dan tujuan pembelajaran dapat tercapai.

Setelah dilakukan identifikasi masalah dengan refleksi diri, wawancara dengan rekan sejawat, kepala sekolah serta pakar, maka beberapa tantangan yang terjadi yaitu : 

1. Guru kurang memanfaatkan media pembelajaran yang bisa meningkatkan motivasi belajar peserta didik serta TPACK dalam preoses pembelajaran yang belum maksimal.

 2. Kurangnya motivasi belajar peserta didik dalam mengikuti kegiatan pembelajaran.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline