Lihat ke Halaman Asli

Viona Stefany

Mahasiswa UAD'19

Mengelola Konten Instagram agar Banyak Dijangkau dan Semakin Luas

Diperbarui: 24 Juni 2021   00:03

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada era digital sekarang ini, seiring dengan kemajuan teknologi komunikasi dan informasi, membuat perkembangan Internet semakin melaju pesat. Perkembangan teknologi menjadikan Internet sebagai bagian dari kehidupan masyarakat modern. Internet yang dapat menghubungkan pengguna yang terdapat di seluruh dunia di dalam suatu jaringan di manapun dan kapanpun mereka berada.

Indonesia termasuk salah satu Negara teraktif di media sosial, menurut hasil penelitian We Are Social pada Januari 2016 dalam laman techinasia.com, saat ini pengguna internet di Indonesia mencapai 88,1 juta pengguna. Dan 79 juta diantaranya merupakan pengguna aktif media sosial (Noviandari, 2015). Selain untuk memenuhi kebutuhan informasi, saat ini media sosial banyak digunakan sebagai media penggerak perekonomian bagi para pengusaha (Yasundari, 2016:209). Media sosial yang paling popular diantaranya adalah Facebook, Twitter, Path, Instagram, Youtube

Belakangan, banyak para kreator bahkan pengguna individu Instagram membuat konten selayaknya blog. Konten pun beragam sesuai dengan bidang keahlian atau bisnis pengguna Instagram tersebut; mulai dari tips, ilmu pengetahuan umum, atau bahkan hanya sekedar review produk. Jurnal sendiri menyebut fenomena ini sebagai Instagram konten edukasi.

Tidak jauh berbeda sebenarnya dengan membuat konten edukasi melalui blog atau media-media lain. Hanya saja, keunikan algoritma Instagram itu sendiri membuat konten edukasi di media sosial yang dipayungi Facebook ini sedikit berbeda. Dilansir dari Later, algoritma Instagram tidak jauh berbeda dengan algoritma Google: you've got what the most you searched. Keduanya sama-sama mengadopsi personalized algorithm. Lebih jelasnya, Jurnal by Mekari akan menjelaskan bagaimana membuat Instagram content yang baik dan mendapatkan engagement lebih dari yang Anda harapkan.

Disini saya akan sedikit berbagi tentang pengalaman saya bagaimana metode ataupun strategi yang dipakai supaya konten kita bisa bermanfaat dan orang orang yang melihatnya tertarik untuk membaca dan memberikan like ataupun komen di konten instagram kita. Salah satu strategi yang saya gunakan dalam mengelola instagram tentang konten fotografi saya adalah, memasukan usur konten edukasi didalam postingan yang saya upload. 

Baik melalui typografi difoto yang saya upload ataupun juga bisa melalui caption dibawah foto yang kita upload. Isi edukasi bisa banyak macamnya, kita bisa membagikan tips dan trik cara fotografi pemula, teknik dalam pengambilan sudut kamera, posisi yang baik ketika ditempat yang sempit dan berbagai konten edukasi lainya.
Selain tadi yang saya jelaskan, ada juga beberapa hal yang perlu diperhatikan dan dipertimbangkan saat kita akan mengupload atau mengunggah konten instagram kita. 

Berikut ini akan saya rangkum beberapa hal yang bisa menjadi media belajar dan evaluasi kedepan agar konten yang kita unggah bisa lebih maksimal dalam mendapatkan enggagemen atau jangkauan dan tayangan dari audience.

1. Merencanakan konsep dan ide             

Membuat rancangan konsep dan ide yang menarik untuk produk yang akan di upload di Instagram yang tidak pasaran namun mempunyai banyak peminat , seperti misalnya mengatur konsep feed instagram yang asthetic.                                

2. Atur Username dan Bio Instagram

Usahakan agar username Anda di Instagram sama dengan username yang ada di media sosial lain yang digunakan untuk berbisnis. Anda juga perlu menambahkan informasi mengenai usaha Anda disertai link yang akan mengarahkan followers Anda ke website jualan Anda. Pada bagian bio Instagram, Anda juga dapat memberikan penjelasan tambahan mengenai bisnis Anda tersebut agar audience tertarik.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline