Lihat ke Halaman Asli

Vina Serevina

Dosen Universitas Negeri Jakarta

Wujudkan Efektifitas Pembelajaran di Era Pandemi Covid-19 dengan Manajemen Pembelajaran

Diperbarui: 20 April 2022   09:06

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

(gb.1 pembelajaran interaktif. Sumber: ayogurubelajar.kemdikbud.go.id)

Oleh : Dr. Ir. Vina Serevina, M.M., Syafannisa Fitria Farah Dewi, Pendidikan Fisika, Universitas Negeri Jakarta, 2022.

Pembelajaran merupakan kegiatan pendidikan yang sangat penting, sebagai seorang pendidik sudah seharusnya kita merencanakan pembelajaran secara nyaman dan menatik agar peserta didik mudah dalam memahami.

Selain itu, sebagai seorang pendidik harus memahami dan menguasai pembelajaran untuk membantu kita dalam memilih dan menerapkan strategi pembelajaran sesuai dengan kerumitan materi dan kepribadian setiap siswa.

Strategi dan pendekatan yang diterapkan harus sesuai dengan kepribadian siswa yang menjadi subjek dalam latihan pembelajaran. Guru harus memberikan ruang seluas-luasnya kepada siswa untuk berimajinasi dan terlibat secara efektif sepanjang sistem pembelajaran.

Dalam interaksi pembelajaran terdapat beberapa komponen yang saling berkaitan, menghitung siswa, pengajar, kepala, program pendidikan dan kantor sekolah yang diperlukan dalam sistem pembelajaran. Ketika banyak bagian ini telah digunakan sebanyak yang diharapkan, latihan pembelajaran dapat mencapai perubahan bagi siswa, dua perubahan dari bagian informasi, perilaku, dan kemampuan. 

Sehingga dampak dari perubahan ini, siswa akan lebih siap dalam mengurusi masalah kehidupan dan siap bekerjasama dengan orang lain.

(gb.2. Diskusi kelas. Sumber: ainamulyana.blogspot.com)

Ide dalam konsep menejemen pembelajaran dapat dianggap sebagai cara paling umum untuk mengawasi latihan pembelajaran yang menggabungkan persiapan, memilah, mendorong dan menilai sistem pembelajaran yang terhubung dengan semua bagian di dalamnya untuk mencapai target pembelajaran. 

Pembelajaran adalah sebagian besar kegiatan untuk mencapai proses pendidikan dan pembelajaran yang instruktif, layak dan produktif. 

Sejalan dengan itu, cenderung disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan belajar adalah rangkaian tindakan dari semua latihan yang diperoleh mulai dari persiapan, penyusunan, penghasutan dan penilaian, yang menggabungkan mata pelajaran utama dan mendukung program pendidikan dalam pandangan program pendidikan. ditetapkan oleh Dinas Agama atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline