Lihat ke Halaman Asli

Patut Dicoba! 5 Tips "Anti Mainstream" Menyewa Apartemen

Diperbarui: 11 November 2017   01:37

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gaya Hidup. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Rawpixel

Bukan, bukan seperti yang Anda pikirkan. Memang, finansial tentu jadi masalah utama tiap orang saat mencari apartemen. Tapi bukan itu yang akan dibahas, terlalu mainstream mungkin! Ada banyak hal yang tak melulu menjurus ke keuangan tapi justru terabaikan saat akan menyewa hunian.

Memang tak mudah mencari apartemen disewakan, meski hanya untuk istirahat malam hari. Paling tidak, perlu waktu dua minggu untuk menemukan apartemen yang benar-benar sreg dihati. Dengan meneruskan membaca, Anda akan bisa memanfaatkan waktu dua minggu tersebut untuk hal lain yang penting.

Jika Anda adalah pendatang, atau hanya ingin mencari kesepakatan lebih baik dari hunian yang Anda tempati saat ini, bacaan ini akan membuat segalanya jadi mudah bagi Anda. Ingat, bukan hanya finansial yang harus diperhatikan, tapi beberapa pertimbangan anti-mainstream ini juga perlu diketahui.

Lalu lintas dan suhu

Kombinasi kemacetan lalu lintas dan suhu rata-rata yang sama tinggi, pasti adalah sekian hal yang ingin Anda hindari. Begitu keluar dari apartemen, Anda akan menemukan mobil, bus, motor, dan cuaca panas sudah siap menyambut. Bisa jadi, waktu tempuh akan jadi dua jam meski hunian dan tempat kerja cuma berjarak 5 km.

Hanya ada peluh keringat atau basah begitu sampai tempat kerja, bergantung pada musimnya. Tak ada hari libur, meski itu pada akhir pekan. Bagi keluarga, keadaan bisa jadi sedikit rumit. Anda harus berjauh-jauh ke luar kota hanya untuk mendapat sedikit ruang terbuka.

Tempat wisata dan kehidupan malam

Seharusnya, pikirkan juga tentang tempat wisata saat mencari apartemen. Anda tentu tak mau tiap akhir pekan selalu di apartemen. Tempat wisata bisa menjadi semacam oase dari aktivitas harian. Sayangnya, daerah dengan kepadatan tinggi selalu dipenuhi barang yang biasa saja tapi berharga mahal.

Kecuali Anda tak butuh hiburan saat akhir pekan, Anda bisa pilih apartemen yang sedikit lebih jauh. Meskipun jika Anda adalah tipe yang biasa keluar malam sendiri, Anda pasti tak ingin berada di tengah kerumunan tak jelas. Beberapa tempat wisata selalu bising hingga menjelang matahari terbit. Jika Anda ingin tidur berkualitas, baiknya hindari apartemen di lingkungan ini.

Bahasa dan teknologi

Meski di kota besar, tak semua penduduk mampu menguasai Bahasa Indonesia dengan lancar. Komunikasi adalah awal dari segalanya. Bisa jadi, apartemen yang diiklankan dengan harga murah berlokasi di tempat yang entah. Anda mungkin hanya berteman dengan supir taksi yang sudah terbiasa berbahasa Indonesia.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline