Lihat ke Halaman Asli

Urip Widodo

Write and read every day

Rahasia Umur Panjang

Diperbarui: 4 Juli 2022   07:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

ilustrasi orang tua Jepang/sumber: intisarigridid

Jepang adalah negara yang memiliki tingkat harapan hidup manusianya paling tinggi di dunia. Usia hidup masyarakat Jepang banyak yang berusia di atas 100 tahun. 

Khususnya di Ogimi, sebuah pedesaan di ujung utara pulau Okinawa, yang jumlah penduduknya 3000 orang. Ogimi pun kemudian mendapat julukan Village of Longevity atau Desa Umur Panjang.

Sebuah tim dikirim untuk melakukan penelitian, untuk mengetahui, apa rahasia penduduk Jepang, khususnya yang tinggal di Ogimi, sehingga berumur panjang. Salah satu metode penelitiannya adalah dengan cara mewawancarai beberapa penduduk Ogimi yang berumur di atas 100 tahun.

Berikut petikan wawancara yang menghasilkan kesimpulan rahasia berumur panjang.

1.  Jangan Khawatir

"Rahasia umur panjang adalah tidak perlu khawatir. Dan jaga agar hatimu tetap muda, jangan biarkan dia menjadi tua. Bukalah hatimu pada orang-orang dengan senyum manis di wajah. Jika anda tersenyum dan membuka hati, cucu anda dan orang lain pasti ingin bertemu dengan anda."

"Cara terbaik menghindari kecemasan adalah pergi ke luar rumah, berjalan dan menyapa orang-orang. Saya melakukannya setiap hari. Saya pergi ke sana dan berkata, 'Halo!' dan 'Sampai jumpa lagi' Lalu pulang ke rumah dan merawat kebun sayur yang saya miliki. Sore hari, saya juga menghabiskan waktu Bersama teman."

"Di sini, semua orang terlibat. Kami mencoba untuk tidak menimbulkan masalah. Menghabiskan waktu bersama dan bersenang-senang adalah satu-satunya hal yang penting."

2.  Tumbuhkan Kebiasaan Baik

"Saya merasa gembira setiap pagi. Bangun pukul enam dan membuka tirai untuk melihat kebun saya tempat saya menanam sayuran. Saya lalu pergi ke luar untuk memeriksa tomat da jeruk mandarin. Saya suka melihat kebun saya. Itu membuat saya rileks. Setelah satu jam di kebun, saya kembali ke dalam rumah dan sarapan."

"Saya menanam sayuran sendiri dan memasaknya sendiri. Itulah ikigai (gairah, pen.) saya."

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline