Lihat ke Halaman Asli

Ucu Siti Nurjanah

SMP Negeri 10 Kota Sukabumi / Calon Guru Penggerak Angkatan 6

Refleksi Dwimingguan Modul 1.2. Nilai dan Peran Guru Penggerak

Diperbarui: 26 September 2022   06:38

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Bismillahirahmaanirrahiim

Assalamualaikum Wararahmatullahi Wabarakatuh.

Salam dan Bahagia Bapak Ibu Guru Hebat

Perkenalkan nama saya Ucu Siti Nurjanah Calon Guru Penggerak (CGP) Angkatan 6. Saya adalah seorang guru di SMP Negeri 10 Kota Sukabumi. Pada hari ini saya akan menuliskan sebuah jurnal dwimingguan yang akan menceritakan kegiatan saya selama pembelajaran modul 1.2. yaitu mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak dengan menggunakan model 4P (Peristiwa, Perasaan, Pembelajaran, dan Penerapan ke Depan (Rencana).

Setelah menyelesaikan modul 1.1 Refleksi Filosofis Pendidikan Nasional - Ki Hajar Dewantara selama 2 minggu, kemudian dua minggu berikutnya saya mempelajari modul 1.2 yaitu mengenai Nilai dan Peran Guru Penggerak. Modul ini kami pelajari mulai pada tanggal 13 September 2022. Kami melakukan pembelajaran dengan menggunakan alur merdeka, yaitu dimulai dengan mempelajari modul dan membedah Bahan Pembelajaran, Pendahuluan. Mulai dari diri, Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Konstektual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, Aksi Nyata, Penutup, dan terakhir adalah Penilaian Kinerja Instruktur.

Kegiatan yang petama saya lakukan adalam membaca dan membedah modul 1.2 yaitu tentang Nilai dan Peran Guru Penggerak. Setelah itu saya memulai pembelajaran dengan mengidentifikasi diri sendiri atau Mulai dari diri,. Disini kita belajar mengidentifikasi nilai-nilai diri sendiri yang sudah melekat pada diri pribadi yang hasilnya supaya memampukan diri saya untuk bisa menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila, nilai-nilai guru penggerak dalam diri sehingga mampu menumbuhkembangkan profil pelajar pancasila pada diri murid-murid saya.

Pada kegiatan Mulai dari diri ini, saya harus bisa menggambarkan diri kita dalam bentuk trapesium usia. Untuk melengkapi tugas ini, saya berusaha menjelaskan diri saya dari mulai usia sekolah dasar sampai sekarang. Di sini saya menjelaskan secara terperinci tentang diri saya yaitu mengenai kelebihan dan kekurangan diri, peristiwa-peristiwa yang dialami baik yang positif maupun yang negatif, serta saya juga mengungkapkan hikmah dibalik peristiwa-peristiwa itu.

Setelah itu, saya melakukan eksplorasi konsep. Dalam kegiatan ini saya mempelajari tentang:

1. Nilai kemanusiaan (kebajikan Universal) - Bagaimana Manusia Tergerak

Pada bagian ini saya mempelajari tentang cara kerja otak (sistem berpikir cepat dan lambat), 5 kebutuhan dasar manusia (bertahan hidup, kasih sayang, kekuasaan, kebebasan, kesenangan),  tahap tumbuh kembang anak (Wiraga dan Wirama KHD dan Tahap Perkembangan Psikososial).

2. Bagaimana Manusia Merdeka Bergerak

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline