Lihat ke Halaman Asli

DHD Farm Indonesia

Budidaya Lele Organik Sistem Kemitraan yang Saling Menguntungkan

Cara Membudidayakan dan Menjaga Kesehatan Ikan

Diperbarui: 10 Februari 2019   16:01

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Video. Sumber ilustrasi: Freepik


Budidaya ikan adalah suatu usaha, untuk memproduksi ikan, dan organisme akuatik lainnya, dalam kondisi yang terkontrol, atau semi-terkontrol.

Agar bisa berhasil secara komersial, budidaya ikan harus memelihara ikan pada kepadatan yang jauh melebihi yang biasanya, seperti yang ditemukan di alam.

Dalam kondisi ini, ikan tidak hanya harus bertahan hidup, tetapi juga harus tumbuh dengan cepat.

Terlepas dari sistem budidaya yang digunakan (misalnya, Kolam, raceways, sistem reuse, keramba), sangat penting bagi peternak ikan untuk mempertahankan lingkungan yang kondusif, bagi kesehatan ikan yang baik.

Berbagai macam patogen (misalnya Virus, bakteri, parasit, jamur) dapat dan memang menginfeksi ikan.

Sebagian besar agen penyebab penyakit pada ikan, secara alami hadir dalam jumlah yang rendah dan, biasanya tidak menimbulkan masalah.

Mekanisme pertahanan alami ikan (misalnya Kulit yang tidak rusak, lendir yang menutupi kulit, dan berbagai komponen sistem kekebalan), tetap mengendalikan agen penyebab penyakit.

Namun, ketika ikan sudah penuh sesak, dalam operasi budidaya yang jauh lebih menekan, (misalnya, dengan oksigen terlarut rendah, pakan yang kurang gizi, penanganan berlebihan), maka sistem pertahanan penyakit alami mereka mungkin melemah, dan kemampuan mereka untuk melindungi diri dari penyakit menular, dapat menurun.

Kematian akibat bencana yang disebabkan oleh penyakit, sering kali merupakan hasil dari, dan respons terhadap, pengalaman yang membuat ikan menjadi stres.

Sebagian besar masalah penyakit pada ikan, dapat dihindari dengan manajemen yang tepat.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline