Lihat ke halaman asli

Hanantyo Wahyu Saputro

Rakyat Biasa

TERVERIFIKASI

Guru di SMK Bina Taruna Masaran Sragen

Setelah Menang Lawan Covid-19, Pemain Bundesliga Ber-Lebaran di Lapangan Hijau

Diperbarui: 20 Mei 2020   21:17

Pemain Borussia Dortmund, Mahmoud Dahoud (Sumber Gambar: bundesliga.com)

Liga Utama Jerman atau Bundesliga telah digulirkan lagi, tepatnya pada pekan ke-26 pada tanggal 16 Mei kemarin, dimana 4 dari tim 5 besar mendapatkan kemenangan, diantaranya peringkat kedua Borusia Dortmund mengalahkan tamunya Schalke 04 dengan skor 4-0, dan kemudian Borussia Moenchengladbach menghabisi tuan rumah Eintracht Frankfurt 3-1, dan menempati peringkat ke-3 klasemen menggeser RB Leipzig ke posisi keempat klasemen setelah hanya mampu bermain imbang 1-1 melawan tamunya SC Freiburg. 

Sedangkan pemuncak Klasemen Bayern Muenchen menunjukkan superioritasnya ketika menundukkan tuan rumah Union Berlin dengan skor 2-0, dan salah satu gol dicetak oleh Robert Lewandowski, sehingga saat ini sendirian di puncak daftar Top Scorer dengan 26 gol. 

Sedangkan peringkat ke-5, Bayer Leverkusen tetap di posisinya meskipun menggulung tuan rumah Werder Bremen dengan skor telak 4-1. Sebanyak 16 tim dari 18 tim Bundesliga telah bermain sebanyak 26 kali, kecuali Eintracht Frankfurt dan Werder Bremen yang baru 25 kali bertanding, karena  belum memainkan pertemuan mereka, disebabkan penundaan pertandingan yang belum ditentukan kapan akan digelar lagi.

Meskipun digelar tanpa penonton, namun Bundesliga Jerman telah membuktikan, bahwa mereka mampu mengalahkan Covid-19, dengan menggelar kembali liga yang terhenti selama 2 bulan. 

Pekan ke-27 Bundesliga Jerman akan digelar pada 23-24 Mei 2020, dimana pada tanggal itu bertepatan dengan perayaan hari raya Idul Fitri 1441 Hijriyah. 

17 dari 18 tim Bundesliga (Kecuali Bayern Muenchen) memiliki pemain Muslim, sehingga pada pekan ke-27 besok akan banyak pemain Bundesliga yang akan ber-lebaran di lapangan hijau. Dan bukan hanya itu saja, pada pekan ke-26 lalu banyak pemain Bundesliga yang memainkan pertandingan mereka dalam kondisi berpuasa Ramadhan. 

Di Borussia Dortmund setidaknya ada pemain asal Maroko Achraf Hakimi dan gelandang tim U-21 Jerman Mahmoud Dahoud, dan di Borussia Moenchengladbach ada pemain asal Perancis yang juga putra dari bek legendaris Lilian Thuram, yaitu Marcus Thuram, dan juga pemain asal Swiss Denis Zakaria, dan di RB Leipzig ada pemain asal Denmark Yussuf Poulsen dan pemain asal Perancis Ibrahima Konate. Sebenarnya masih ada banyak lagi pemain Muslim yang ada di tim-tim tersebut, namun tidak dapat saya tuliskan semuanya. 

Bahkan setelah ber-lebaran, mereka hanya memiliki libur 2-3 hari saja, karena pekan ke-28 sudah mulai digelar 26-28 Mei, dan dibuka dengan El Clasico Jerman, yaitu antara tuan rumah Borussia Dortmund melawan Bayern Muenchen. 

Tentu saja bagi pecinta Bundesliga partai tersebut akan sangat sayang apabila dilewatkan, karena bisa dibilang penentuan siapa kampiun Bundesliga akan ditentukan pada hasil pertandingan tersebut. 

Bundesliga telah membuktikan kemenangan atas pandemi Covid-19, dan melanjutkan musim ini dengan protokol kesehatan yang sangat ketat, dan kemudian juga diwarnai dengan "perayaan Idul Fitri" bagi pemain Muslim di tengah lapangan hijau. 

Video Pilihan
Halaman Selanjutnya

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline