Lihat ke Halaman Asli

Tri ernayanti

STATISTIKA - UNIVERSITAS DIPONEGORO

Bandel! Tak Patuhi Protokol Kesehatan, Mahasiswa KKN Undip Terjun Langsung

Diperbarui: 8 Agustus 2020   21:47

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar 1. Sosialisasi Pencegahan virus Covid-19 dengan mematuhi protokol  kesehatan di era new normal

Kuningan, Jawa Barat (01/8/2020). Semenjak adanya pandemi Covid-19 yang memaksa keadaan untuk berubah ke era new normal, banyak tantangan yang harus dihadapi oleh semua orang. Termasuk tantangan bagi Mahasiswa KKN tim II Undip dengan jurusan Statistika yang kini tengah menjalani kegiatan KKN Pulang Kampung. Berbeda dengan KKN sebelumnya, KKN kali ini dilakukan secara mandiri di kampung masing-masing dengan tema "Pemberdayaan masyarakat di tengah pandemi Covid-19 berbasis pada tujuan pembangunan berkelanjutan (SDG's).

Dengan adanya kegiatan KKN Pulang Kampung ini diharapkan dapat membantu  mempersiapkan program-program Siaga Covid-19 di Desa Haurkuning Kec.Nusaherang Kab.Kuningan Jawa Barat. Siaga Covid-19 dapat dilaksanakan dengan baik, apabila masyarakat mematuhi protokol kesehatan, namun  setelah melakukan observasi kesadaran masyarakat untuk mematuhi protokol kesehatan di era new normal ini dinilai masih rendah. Hal ini terlihat dari banyaknya masyarakat terutama para pedagang sembako yang melakukan aktivitasnya tanpa mematuhi protokol kesehatan. Dengan melakukan Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19 dirasa menjadi salah satu solusi menyadarkan masyarakat pentingnya patuh pada protokol kesehatan dan di dukung dengan penempelan poster mengenai tatanan hidup di era new normal.

Gambar 2. Pemberian poster tatanan hidup di era new normal

Kegiatan Sosialisasi dilaksanakan lewat tatap muka dan secara daring dengan sasaran para pedagang sembako, karena warung sembako merupakan tempat yang sering dikunjungi oleh masyarakat sekitar, dimana di warung tersebut tentunya akan terjadi transaksi keuangan antara dua orang atau lebih. Masyarakat pun merespon dengan baik adanya kegiatan tersebut dan salah satunya menuturkan bahwa kegiatan seperti ini harus sering dilakukan untuk mencegah adanya penularan Covid-19 di desa Haurkuning. "Bagi orang awam seperti saya sosialisasi ini sangatlah penting, karena saya menjadi sadar bahwa kewajiban mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan selalu mencuci tangan itu penting untuk mencegah tertularnya Covid-19" tutur salah satu pedagang sembako. Kegiatan ini tak luput dari bantuan pemerintah Desa Haurkuning dan masyarakat setempat yang telah antusias mengikuti Sosialisasi Pencegahan virus Covid-19 dengan mematuhi protokol  kesehatan di era new normal.

Penulis : Tri Ernayanti (Statistika 2017)

Editor  : Solikhin  S.Si, M.Sc




BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline