Lihat ke Halaman Asli

TJIPTADINATA EFFENDI

TERVERIFIKASI

Kompasianer of the Year 2014

Memahami Makna tentang Never Ending Meditation

Diperbarui: 25 September 2022   21:26

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Koleksi Pribadi

Agar Jangan Terpancang Pada Sikap Phisik Tak Bermakna

Pemahaman tentang meditasi secara umumnya adalah sosok orang yang mengasingkan diri ke hutan dan meninggalkan semua hal yang bersifat duniawi demi untuk mencapai tapabrata. Dengan tujuan mencapai pencerahan diri atau dikenal dalam bahasa yang lebih universal sebagai "mencapai akutualisasi diri"

Tetapi dunia sudah berubah. Pemahaman tentang arti dan makna meditasi yang sesungguhnya tidak lagi menghendaki orang meninggalkan kehidupan duniawi dan keluarganya. 

Setiap orang sesungguhnya dapat melakukan meditasi sepanjang hayatnya tanpa perlu  duduk menyepi dan meninggalkan kewajibannya. Baik sebagai kepala keluarga, ibu rumah tangga, maupun orang yang belum berumah tangga. 

Karena pada hakekatnya, setiap orang dapat melakukan meditasi melalui kegiatannya yang positif sepanjang hari bahkan sepanjang hanyat. Sebagai contoh, orang dapat mengaplikasikan hidup bermeditasi saat dirinya sedang membaca, menulis, bekerja, mengajar, melukis dan membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. 

Syarat melakukan setiap aktivitas dengan:

setulus hati

niat yang baik dan cara yang benar

khusuk

Bila hal ini dapat diterapkan maka setiap orang dapat menjadikan hidupnya sebagai meditasi tanpa akhir. Tetapi begitu terjadi distorsi dengan niat awal seperti tergoda mencari keuntungan atau memberi dengan mengharapkan balasan dalam bentuk apapun,maka meditasinya menjadi gugur.

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline