Lihat ke Halaman Asli

Thurneysen Simanjuntak

Nomine Kompasiana Awards 2022 (Kategori Best Teacher), Pendidik, Pegiat Literasi, serta Peraih 70++ Penghargaan Menulis.

Senyum, Kebersamaan, dan Kekeluargaan

Diperbarui: 22 Juni 2019   07:07

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Dokumen : Iwan Kristanto (warga)

Tadi malam (21/6/2019), ratusan warga Cluster Taman Cibiru, Lippo Cikarang, Bekasi, tampak antusias berkumpul mengikuti rangkaian acara Halal Bihalal.

Walaupun warga Taman Cibiru memiliki keberagaman; suku, agama, dan golongan, ternyata tidak menjadi penghambat untuk duduk bersama menikmati kekeluargaan. Terbukti, acara Halal Bihalal seperti ini, bukan kali pertama dilakukan. Bahkan setiap tahunnya telah menjadi kegiatan rutin warga.

Semangat kebersamaan dan kekeluargaan warga seperti ini, hendaknya tetap dijaga dan dilestarikan. Mengingat negara kita adalah bangsa yang majemuk. Sehingga Bhineka Tunggal Ika, salah satu pilar bangsa kita, diharapkan bukan hanya sekedar slogan, tapi dapat diejahwantahkan dalam kehidupan sehari-hari di masyarakat.

Rukun Tetangga (RT), yang menjadi perpanjangan tangan pemerintahan, tentu diharapkan menjadi garda terdepan untuk merajut persatuan dan kesatuan warga di lingkup kerjanya, sehingga semboyan yang dimaksud dapat terwujud.

Dok. Iwan Kristanto

Nah, ternyata pengurus RT Taman Cibiru terpanggil menjalankan tanggung jawab tersebut dengan berbagai kegiatan nyata. Salah satunya, kegiatan yang dilangsungkan tadi malam yakni Halal Bihalal. Kali ini panitia penyelenggara yang dibentuk pengurus RT mengusung tema yang relevan "Senyum, Kekeluargaan, Kebersamaan Warga Cibiru".

Ketua Panitia Halal Bihalal (dok. Iwan Kristanto)

Tampak tema itu bukan slogan, sebab ketiga unsur dalam tema dapat terwujud dalam setiap rangkaian kegiatan. Bagaimana warga bisa bertegur sapa dengan senyuman saat acara bersalam-salaman dan ramah tamah, ketika bermusyawarah memutuskan kegiatan yang akan berlangsung ke depan, ketika menikmati hidangan makan malam bersama mulai dari orangtua hingga anak-anak, hingga kerelaan ibu-ibu melayani kebutuhan konsumsi layaknya dalam keluarga.

Makan bersama (dok. Iwan Kristanto)

Pokoknya jempol deh untuk seluruh warga, terutama ibu-ibu!

Kegiatan yang berlangsung sekitar tiga jam ini, ternyata tidak membosankan warga. Sebab setiap rangkaian acara diselingi dengan pengundian puluhan doorprize; mulai dari voucer belanja Indomart, voucer menginap hotel, voucer service motor, sangkar burung, dan masih banyak lagi. Semua ini disiapkan panitia melalui dukungan sponsor dan warga yang bersedia menyumbang.

Dok. Iwan Kristanto (warga)

Demi keberlanjutan kegiatan di Taman Cibiru, tidak lupa Ketua RW, Bapak Arief Widhiharto, mengumumkan pengurus RW 16, terutama yang berasal dari RT yang ada di Taman Cibiru. Sekaligus juga pada kesempatan ini, dipilih ketua dan wakil ketua HUT RI ke-74 yang akan diselenggarakan bulan Agustus mendatang.

Ketua RW 016, Arief Widhiharto

Akhir kata, selamat mewujudkan "Senyum, Kebersamaan dan Kekeluargaan" bagi warga Taman Cibiru. Salam



BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline