Lihat ke Halaman Asli

Thasya Putri

Mahasiswa

Enterpreneur Sukses

Diperbarui: 26 Oktober 2022   21:33

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Entrepreneur. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Jcomp

Enterpreneur Sukses

Langkah Awal Enterpreneur Menuju Sukses! 

Pada saat pandemi COVID-19 telah memicu ledakan start up dengan munculnya banyak pengusaha yang ingin mendapatkan pelanggan baru. Praktek di industri seperti belanja online, seperti dilansir Harvard Business Review. Untuk wirausahawan muda masa kini yang ingin memulai bisnis baru, ketahuilah bahwa dibutuhkan banyak hal untuk bersaing dalam hal ini. 

Menjadi seorang wirausaha kamu membutuhkan suatu perencanaan, dan bahkan pengambilan risiko. Pedoman langkah demi langkah ini akan menunjukkan kepada kamu yang dibutuhkan untuk mengubah ide bisnis Anda menjadi suatu tindakan, mulai dari pembuatan situs web bisnis hingga membangun merek. 

Ini cara-cara menjadi seorang enterpreneur: 

1. Temukan ide bisnis yang ingin dibuat

Pada Saat ingin mencoba memulai bisnis, pilihlah ide bisnis untuk usaha baru Anda yang akan membuat Anda menonjol dari yang lain. Misalnya, jika Anda meluncurkan makanan dengan inovasi terbaru, pikirkan tentang bagaimana kamu akan memilih: produk apa yang akan Anda jual? Akankah bertahan ? Setelah menyelesaikannya, kamu dapat memikirkan nama bisnis potensial atau menggunakan generator nama bisnis untuk lebih kreatif

Selain menemukan keunggulan kompetitif kamu pikirkan tentang apa yang benar-benar Anda nikmati. Masalah apa yang ingin Anda selesaikan? Apakah itu mengurangi sampah dari sedotan plastik? Resep Anda untuk sukses bisnis adalah tetap berpegang pada apa yang Anda sukai, ketahui dengan baik, dan rasakan yang diinginkan dunia.

2. Kenali target konsumen

Meskipun sebuah ide mungkin tampak bagus, pastikan bahwa orang lain akan membayarnya sebelum memujinya. Banyak bisnis yang gagal, salah satu alasan terbesar bisnis gagal adalah karena tidak ada kebutuhan pemasaran. Dengan meneliti terlebih dahulu konsumen akan membantu dalam melihat target. Selain itu, kamu tidak hanya akan memahami kebutuhan konsumen dengan baik, tetapi kamu juga akan dapat memasarkan produkmu dengan lebih baik kepada mereka. Lalu kamu bisa melakukan riset pasar, dan membuat daftar karakteristik yang menentukan target pasar. Misalnya, berapa umur mereka? Apa hobi mereka? Dimana mereka tinggal? dll. 

3. Uji pemikiran dan ide kamu

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline