Lihat ke Halaman Asli

10 Fakta Menarik tentang Hujan yang Belum Banyak Diketahui

Diperbarui: 26 Februari 2023   10:24

Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Gambar oleh PublicDomainPictures dari Pixabay 

Hujan adalah fenomena alam yang sudah sangat umum dan biasa kita alami setiap tahunnya. Namun, masih banyak fakta menarik tentang hujan yang belum banyak diketahui oleh banyak orang.

Berikut ini adalah 10 fakta menarik tentang hujan yang belum banyak kamu ketahui sebelumnya:

1. Ukuran Butir Hujan Bervariasi

Butir hujan sebenarnya bervariasi dalam ukuran. Meskipun kebanyakan orang menganggap bahwa butir hujan memiliki ukuran yang sama, namun butir hujan sebenarnya bisa bervariasi mulai dari beberapa milimeter hingga beberapa sentimeter. Butir hujan yang lebih besar sering disebut sebagai "hujan es".

2. Hujan Bisa Menyebabkan Bunyi yang Berbeda

Bunyi hujan yang kita dengar sebenarnya dapat bervariasi tergantung pada ukuran butir hujan dan intensitas hujan itu sendiri. Hujan yang lebat biasanya menghasilkan bunyi yang lebih keras daripada hujan yang lebih ringan.

3. Hujan Bukan Air Murni

Hujan bukanlah air murni. Seiring dengan jatuhnya hujan dari atmosfer, air hujan bisa mengandung partikel-partikel yang terkandung di dalam udara seperti debu, polusi, dan zat kimia lainnya.

4. Hujan Bisa Berwarna-warni

Beberapa kali dalam setahun, hujan bisa terlihat berwarna-warni. Ini terjadi karena adanya cahaya yang dipantulkan oleh partikel-partikel di atmosfer dan butir hujan yang berbeda. Hujan berwarna-warni ini disebut sebagai "hujan pelangi".

Halaman Selanjutnya


BERI NILAI

Bagaimana reaksi Anda tentang artikel ini?

BERI KOMENTAR

Kirim

Konten Terkait


Video Pilihan

Terpopuler

Nilai Tertinggi

Feature Article

Terbaru

Headline